Tetap Sehat Walaupun Sedang Travelling? Inilah Cara dan Panduannya!

02 Okt 2018 @ 11:05:02
Travelling atau berwisata tentu menjadi waktu yang menyenangkan. Di waktu travelling, kamu bisa merasakan lega dari aktivitas sehari-hari untuk mendapatkan waktu relaksasi yang maksimal. Travelling juga bisa menjadi waktu yang pas untuk family time bersama keluarga yang mungkin jarang kamu rasakan. Enak nih!

Sayangnya, travelling bisa menjadi kegiatan yang merusak hidup sehat dan tubuh sehatmu jika tidak diperhatikan dengan serius. Berat badan yang menambah, stress setelah liburan, atau sakit selepas liburan merupakan beberapa hal yang terjadi akibat liburan yang tidak sehat. Untuk itu, kamu harus tetap sehat selama travelling dengan cara-cara ini!

Pilih Kegiatan yang Membuat Tubuh Terus Bergerak

Pilih Kegiatan yang Membuat Tubuh Terus Bergerak

Untuk tetap sehat dan bugar saat liburan, kamu perlu memilih kegiatan yang benar-benar mengolah tubuhmu agar terus bergerak. Pilihlah kegiatan seperti bersepeda pagi hari mengelilingi kota, mendaki gunung (hiking), ataupun berjalan kaki setiap hendak kemana-mana. 

Dengan terus bergerak, kamu bisa mendapatkan pemandangan kota lebih baik dan terbebas dari tubuh yang kaku. Selain itu, gerakan ketika liburan juga bantu membakar kalori dan lemak dalam tubuhmu.

Perhatikan Porsi dan Asupan Makanan Saat Kamu Travelling, Terutama Saat Wisata Kuliner

Perhatikan Porsi dan Asupan Makanan Saat Kamu Travelling, Terutama Saat Wisata Kuliner

Tak lengkap rasanya jika travelling tanpa mencicipi makanan asli dari daerah sekitar. Alasan inilah yang membuat seseorang melakukan wisata kuliner saat dirinya sedang berwisata di suatu tempat. Katakan saja, jika ke Padang, tentu orang tersebut ingin mencicipi rasa asli dari rendang di daerah makanan ini berasal. 

Namun, kamu juga harus tetap perhatikan porsi dan asupan makanan yang kamu makan. Lebih baik makan dalam porsi yang kecil jika kamu hendak mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Selain itu, perhatikan juga kandungan lemak dan kolesterol dari makanan tersebut. Jika sudah dilakukan, niscaya kamu akan tetap sehat dan aman ketika kembali dari liburan. 

Bebaskan Dari Rutinitas Pekerjaan Saat Travelling

Bebaskan Dari Rutinitas Pekerjaan Saat Travelling

Tak sedikit yang bete atau kurang mood saat setelah berwisata atau travelling. Perasaan stress ataupun kurang piknik menjadi alasan situasi ini. Pekerjaan yang masih membayangi saat travelling membuat seseorang merasa tidak tenang untuk menikmati waktu liburan. 

Penelitian menyebutkan bahwa mereka yang tidak mood saat kembali dari liburan dan langsung bekerja dapat menimbulkan gejala depresi yang berkepanjangan. Untuk itu, agar tetap sehat, lepaskan beban pekerjaanmu sejenak dan nikmati relaksasi saat liburan sedang kamu jalankan. 

Perhatikan Juga Kadar Cairan Dalam Tubuhmu

Perhatikan Juga Kadar Cairan Dalam Tubuhmu

Tak hanya makanan, minuman juga menjadi santapan yang nikmat untuk dicoba saat travelling ke suatu daerah. Es cendol ataupun es durian bisa menjadi pilihan menggoda yang akan kamu lekas coba. 

Dalam hal ini, kamu juga tetap harus bijak dalam mengonsumsi minuman saat travelling. Banyak sekali jenis minuman di tempat travelling dibuat dengan banyak gula dan pemanis. Kandungan gula ini akan meningkatkan resiko diabetes pada tubuhmu, meningkatkan berat badan, dan membuat darah menjadi kental. Untuk itu, sediakan selalu botol berisi air putih yang bisa bantu kamu cegah dehidrasi.

Meditasi Saat Travelling Bantu Kamu Untuk Dapatkan Mood Lebih Baik 

Meditasi Saat Travelling Bantu Kamu Untuk Dapatkan Mood Lebih Baik

Untuk membantu kamu dalam mendapatkan mood travelling yang lebih baik, tanyakanlah fasilitas yang akan kamu dapatkan dari hotel tempat kamu menginap. Umumnya, hotel menyediakan fasilitas kolam renang ataupun tempat pijat & spa yang bisa memberikan sensasi rileks untuk tubuh kamu. 

Jika tidak ada, kamu bisa melakukan meditasi kecil di kamar hotel atau penginapan. Meditasi memberikan sinyal positif untuk tubuh dan otak sehingga mood kamu selama travelling tetap terjaga. 

Bawa Bahan-Bahan Dari Rumah Recommended Juga Lho!

Bawa Bahan-Bahan Dari Rumah Recommended Juga Lho!

Untuk tetap sehat walaupun sedang travelling, kamu juga bisa lho membawa bahan-bahan dari rumah. Dengan bahan-bahan ini, makanan yang kamu punya akan tetap terjaga dan kamupun bebas kelaparan sewaktu travelling

Namun, kamu juga perlu perhatikan regulasi atau aturan dari penerbangan atau transportasi yang kamu gunakan. Jangan sampai keinginan menjadi sehat malah membuat kamu melanggar aturan. Selain itu, bila kamu membawa bahan-bahan segar seperti sayuran atau buah, pastikan tempat menginapmu punya dapur untuk kamu memasak. 

Jadi, siap untuk travelling sehat, Lemonizen?

Artikel Terkait

Tak Nyaman Karena GERD? Cobalah Cara Alami Menyembuhkan GERD berikut Ini!
Apa kamu pernah merasakan rasa sakit di sekitar perut bagian atas dan ulu hati, Lemonizen? Kalau iya, bisa jadi itu adal..
Andesma. W
28 September 2018
Dark Chocolate: Bagaimana Bisa Sehat Dengan Konsumsi Dark Chocolate yang Cukup?
Dalam menjalani hidup sehat, kamu tentu banyak tahu tentang macam-macam superfood atau makanan super yang mempunyai bany..
OT Handoko
27 September 2018
Obesitas Pada Anak: Apakah Orang Tua Harus Panik Dalam Menyikapinya?
Kamu pasti pernah melihat sosok anak kecil dengan tubuh besar dan gemuk, bukan? Sekilas, anak-anak itu terlihat menggema..
OT Handoko
26 September 2018