Tidak Hanya Untuk Hiasan, Bunga Lavender Punya 5 Manfaat Lainnya

11 Jun 2020 @ 17:13:28
Apakah kamu salah satu penggemar bunga lavender? Yups, Lavender memiliki warna yang cantik yaitu warna ungu kebiruan. Warna cantiknya membuat banyak orang tertarik melihatnya dan ingin untuk memilikinya di rumah. Tidak hanya warnanya yang cantik, bunga ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bahkan untuk mengusir nyamuk loh! Aroma dari bunga ini tidak disukai oleh nyamuk. Sehingga banyak yang menggunakan lavender sebagai bahan baku untuk produk pengusir nyamuk. 

Lavender sendiri merupakan tanaman yang masuk ke dalam famili Lamiaceae. Bunga ini diyakini sudah ada sejak 2.500 tahun yang lalu. Bunga ini diyakini berasal dari mediterania, Timur Tengah serta India. Berikut ini manfaat Lavender untuk kesehatan diantaranya :

1. Untuk Aromaterapi



Aroma dari Lavender dipercaya dapat menenangkan dan membuat rileks. Lavender paling sering digunakan sebagai aromaterapi karena memiliki aroma yang khas. Aroma dari bunga ini diyakini dapat membantu meningkatkan suasana hati dan ketenangan. Bunga ini juga dapat membantu seseorang untuk mengurangi stres, kecemasan, dan rasa sakit yang ringan. 

Dari sebuah studi dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa penggunaan Lavender secara topikal dapat mengurangi keparahan kram menstruasi pada wanita. Aroma yang menenangkan tentu membawa ketenangan untuk kamu saat mencium aromanya. 

2. Dapat Membantu Menyembuhkan Luka



Selain sebagai bahan untuk aromaterapi, Lavender juga dapat membantu menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit. Ini  dikarenakan ekstraknya yang mengandung linalyl asetat dan linalool. Kandungan ini merupakan komponen penting anti peradangan. Adanya kandungan antioksidan yang ada dalam Lavender ini juga dapat membantu menyembuhkan luka. 

Tidak hanya itu, bunga ini juga mengandung polisakarida yang bisa membantu menyembuhkan penyakit radang. Untuk penggunaannya, jangan meneteskan minyak lavender langsung pada luka terbuka, sebaiknya gunakan ketika luka sudah kering.

3. Membantu Melawan Infeksi Jamur



Ditemukan dalam sebuah studi dalam Journal of Medicine Microbiology menyatakan bahwa minyak yang terbuat dari Lavender efektif dalam memerangi infeksi jamur. Minyak bunga ini memiliki efek antijamur yang bekerja dengan cara menghancurkan membran sel jamur. 

Para peneliti juga telah menunjukkan jika minyak lavender dapat mematikan berbagai jenis jamur yang bisa menyebabkan penyakit pada kulit dan kuku. Selain itu, ketika kamu mengoleskannya pada kulit, minyak lavender juga menunjukan hasil positif dalam membantu mengatasi eksim, jerawat, sengatan matahari, dan ruam popok.

4. Membantu Mengatasi Rambut Rontok



Bunga Lavender dipercaya dapat membantu kamu mengatasi kerontokan pada rambut. Dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa jenis bunga ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut kamu hingga 44 persen setelah 7 bulan perawatan. 

Ada juga penelitian lain yang mengungkapkan bahwa mengoleskan minyak lavender pada punggung tikus dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut selama 4 minggu. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi pada manusia untuk membuktikan temuan ini.

5. Membantu Memperbaiki Kualitas Tidur



Insomnia menjadi masalah tidur yang cukup sering dialami banyak orang. Dalam sebuah studi di British Association of Critical Nurse pada tahun 2017 menunjukkan bahwa minyak yang terbuat dari bunga Lavender dapat menjadi obat yang efektif dalam meningkatkan kualitas tidur bagi seseorang yang kesulitan tidur. 

Sebelum tidur, kamu bisa teteskan minyak lavender pada bantal untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak. Akan tetapi,  pastikan tidak menelannya karena akan berbahaya. Sementara itu, teh lavender juga dipercaya dapat mengatasi gangguan tidur dan kegelisahan kamu.

Nah, itu dia manfaat dari bunga lavender yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan tubuh. Dengan berbagai manfaat yang dimiliki oleh bunga ini tidak heran jika banyak orang yang menjadikan bunga ini sebagai favorit ya! 

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020