Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips

Tidak Mudah, Inilah Cara Memotong Nanas Agar Hasil Tidak Hancur

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Nikmati nanas dengan cara memotong nanas yang baik dan benar.
Selama ini banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara memotong nanas dengan benar. Hal ini tidak mengherankan karena mengupas nanas memang membutuhkan trik tertentu. Untuk mengupas buah ini, kamu perlu menggunakan teknik agar tidak menyebabkan rasa gatal saat dimakan.

Rasa gatal yang bisa timbul akibat kesalahan saat pemotongan ini membuat banyak orang enggan untuk memakan buah nanas. Faktanya, ada cara memotong nanas yang mudah untuk menghindari adanya kesalahan seperti ini. Berikut cara mudah memotong buah nanas yang bisa kamu ikuti.

1. Memotong Bagian Atas dan Bawah Terlebih Dahulu



Berbeda dengan buah lainnya, nanas memiliki tekstur yang sedikit lebih tebal dengan bagian daun yang meruncing di bagian atas. Pertama, kamu membutuhkan pisau yang tajam untuk memotong dan talenan sebagai alasnya. Setelah itu, letakkan nanas di bagian atas talenan. Potong dan buang bagian daun yang meruncing. Lanjutkan dengan memotong bagian bawah nanas sehingga permukaan atas dan bawahnya menjadi datar. Untuk menghilangkan getahnya, kamu perlu mengusap bagian atas dan bawah yang kamu potong tadi dengan bagian daging yang masih tersisa.

2. Mengiris Bagian Kulit Nanas



Setelah bagian atas dan bawah nanas hilang, letakkan nanas di atas talenan dalam posisi berdiri. Jika sudah, potong bagian kulit luar dengan cara mengirisnya. Lakukan pemotongan secara mendatar dari atas ke bawah dan buang seluruh kulitnya. Agar tidak banyak daging yang terbuang, kamu bisa memotong kulit menjadi lebih tipis. Hal ini dikarenakan bagian termanis dari buah nanas terletak pada bagian daging luarnya. Berbeda dengan bagian luarnya, bagian dalam nanas justru memiliki rasa tawar dengan tekstur yang sedikit lebih keras.

3. Memberikan Garam ke Bagian Nanas yang Telah Dikupas



Garam dapur yang biasa kamu gunakan untuk memasak dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa gatal akibat getah dari buah nanas ini. Pertama, siapkan garam dapur secukupnya. Lalu, balurkan pada seluruh bagian buah nanas yang sudah dikupas. Tunggu kurang lebih lima menit lalu cuci di bawah air mengalir sampai bersih.

4. Menghilangkan Bagian Bintik Nanas



Saat kamu mengupas buah nanas, terdapat bintik-bintik hitam yang ada di bagian daging luar nanas. Bintik mata pada nanas ini memiliki pola berjajar membentuk garis diagonal. Untuk membantu mempermudah menghilangkan bintik pada nanas ini, kamu bisa memotongnya mengikuti pola yang sudah tercipta. 
Cara memotong bagian mata ini bisa kamu terapkan dengan membentuk huruf V pada diagonal konturnya. Memotong dengan pola V tidak akan membuang banyak daging nanas. Berbeda dengan cara memotong bagian bintik dengan mencongkelnya satu persatu yang justru memakan waktu lama dan lebih banyak daging buah yang terbuang sia-sia.

5. Membuang Bagian Tengah Nanas



Buah nanas memiliki bagian tengah yang keras dan tidak enak dimakan. Berbeda dengan bagian luar buah nanas yang cenderung manis dan hambar, bagian dalamnya justru sulit untuk dimakan dan sebaiknya dibuang saja. Untuk membuang bagian dalam buah nanas, kamu bisa menaruhnya kembali di talenan. Lalu, letakkan nanas pada posisi berdiri dan potong menjadi dua bagian. Masing-masing bagian yang sudah terpotong perlu dipotong kembali agar berukuran lebih kecil. Setelah itu buang bagian tengahnya dengan cara memotong membentuk huruf V.

Demikianlah cara memotong nanas yang benar agar tidak menyebabkan rasa gatal saat hendak dimakan. Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. untuk bisa menikmati buah nanas ini, kamu bisa mengikuti tutorial memotongnya seperti diatas.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.