Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Tips Berjualan di Instagram Agar Produk Kamu Laku Keras

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
05 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
Keuntungan jualan dari Instagram

Tren berjualan online semakin hari semakin naik. Banyak pelaku wirausaha baik yang lama maupun pendatang baru, mulai membuka bisnis mereka secara online. Dengan adanya perkembangan teknologi, berjualan secara online tentu menjadi kesempatan emas untuk meraih keuntungan.banner consideration shipping bg blue

Instagram pun menjadi salah satu sarana yang digunakan para pebisnis untuk menjajakan produk-produk mereka. Namun, meski dipercaya bisa menjangkau pasar yang luas, berjualan di Instagram tak semudah kelihatannya. Harus ada tips dan trik yang diikuti agar berjualan di Instagram bisa laku keras.

1. Buat akun khusus

Jika selama ini kamu sudah memiliki akun Instagram pribadi, maka saat akan menjual produk lebih baik kamu membuat akun khusus. Sebab saat kamu menjalankan bisnis dengan akun khusus, calon pelanggan akan lebih fokus dengan produk-produk yang kamu tawarkan dan tidak bingung dengan unggahan pribadi.


Selain itu, username akun khusus tersebut lebih baik diatur berdasarkan nama bisnis yang sudah kamu buat. Nantinya akun bisnis milikmu akan mudah dicari, sekaligus bisa menjadi portofolio dari bisnismu itu sendiri.

2. Atur akun menjadi business account

Setelah memiliki akun khusus untuk berjualan, jangan ketinggalan untuk mengaturnya menjadi business account. Caranya pun mudah, kamu tinggal masuk ke Settings - Account - Switch to Business Account. Dan syarat untuk membuat akun bisnis pun cukup mudah, yakni harus terhubung dengan akun Facebook.

Setelah akun Instagram berubah menjadi akun bisnis, kamu bisa memaksimalkan pemasaran lewat Instagram. Mulai dari memantau engagement setiap unggahan hingga memasang iklan agar jangkauan kamu lebih luas. 

3. Rutin membuat konten-konten menarik

Akun khusus bisnis pada akhirnya tak akan menjadi menarik apabila kamu tidak rutin mengunggah konten. Konsistensi mengunggah konten jadi salah satu kunci meningkatkan kepercayaan calon pembeli bahwa bisnis yang kamu jalankan benar-benar kredibel.banner consideration promotion bg blue

Calon pembeli pasti akan lebih memilih melakukan transaksi dengan akun bisnis yang aktif di media sosial, dibandingkan akun yang jarang sekali memperbarui informasi. Sebagian besar pem customer pasti memiliki kekhawatiran jika bertransaksi dengan akun bisnis yang jarang sekali update, maka pesanan mereka nantinya juga tidak akan dilayani dengan baik.

Itulah mengapa, kamu harus meluangkan waktu untuk rajin membuat konten-konten menarik yang akan diunggah di akun Instagram bisnis milikmu.

4. Memperbanyak followers

Tak dipungkiri, jumlah followers masih menjadi sesuatu yang sangat diperhatikan. Semakin banyak jumlah followers maka akun bisnis yang kamu jalankan akan semakin dianggap terpercaya.

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kepercayaan para calon customer, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara organik untuk memperbanyak followers. Salah satunya dengan mengikuti atau follow beberapa publik figur yang sekiranya profil dirinya cocok dengan bisnis yang kamu jalankan.

Hal ini bisa membantu profil akun Instagram bisnismu untuk masuk ke feed akun-akun lain yang juga mengikuti para publik figur tersebut.

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menambah followers adalah dengan memaksimalkan Instagram Ads, memberikan promo, atau mengadakan giveaway dengan salah satu syaratnya harus follow akun bisnismu.

Namun satu hal penting yang harus kamu ketahui, lebih baik hindari menambah followers dengan cara membeli. Karena hal ini justru akan menurunkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis milikmu.

5. Menggunakan hashtag dalam setiap unggahan

Penggunaan hashtag dalam setiap unggahan juga harus kamu perhatikan. Hashtag akan membantu produk-produk yang kamu pasarkan lebih mudah dicari. Namun menambahkan hashtag juga harus diperhatikan, jangan sampai berlebihan agar tidak malah membingungkan.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa tips berjualan di Instagram yang bisa kamu coba. Selain beberapa hal di atas, ada hal lain yang juga perlu kamu perhatikan. Antara lain penulisan caption yang menarik dan juga pemanfaatan waktu dan fitur Instagram Story dengan baik. Selamat mencoba Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.