Tips Lari Sehat untuk Pemula

09 Jan 2017 @ 16:49:56

Lari merupakan olahraga yang paling praktis untuk meningkatkan kesehatan. Lari yang teratur dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, stroke maupun penyakit jantung. Tak hanya itu, hasil yang mudah terlihat dan terasa, berat badan dan mood Anda akan lebih mudah terjaga. Tidak perlu khawatir jika Anda belum pernah serius menekuni olahraga lagi. Ada tips lari untuk para pemula!

Lari memang nyaris tidak memerlukan alat apapun. Tetapi penting untuk memiliki sepasang sepatu olahraga yang dapat diandalkan untuk mengurangi risiko cidera. Secara ilmiah, sepatu sebaiknya diganti setelah digunakan berlari sejauh 482 km.

Periksakan diri lebih dulu jika Anda baru pulih dari sakit atau cidera sebelum mulai berlari.

Untuk mengurangi risiko cidera, mulailah dengan pemanasan setidaknya 5 menit, misalnya dengan jalan kaki, mengangkat tungkai, naik tangga, jalan di tempat. Berjalan kaki sebelum berlari berperan mempersiapkan otot, tendon, ligamen, dan tendon untuk berlari.

Awali dengan lari perlahan, kemudian berangsur menambah kecepatan dan jarak. Padukan dengan jalan kaki

Anda dapat mulai berlatih dengan teman yang juga menjadikan olahraga lari sebagai rutinitas. Memiliki partner dapat membuat Anda mendapat motivasi dan dapat saling menguatkan.

Jika dirasa perlu, Anda dapat mencatat aktivitas lari Anda, seperti jarak, waktu, rute, kecepatan, sekaligus kondisi cuaca. Untuk memudahkan, Anda dapat menggunakan aplikasi lari dalam ponsel pintar.

Teratur istirahat serta mengonsumsi makanan dan minuman sehat dapat membantu tubuh lebih bugar saat berlari dan menyempurnakan kesehatan.

Dua kali seminggu adalah frekuensi yang umumnya direkomendasikan untuk pelari pemula. Setelah teratur berolahraga dalam waktu lama, lama kelamaan tubuh akan beradaptasi sehingga Anda akan terbiasa untuk berlari tanpa perlu berjalan karena kelelahan. Hal yang penting diingat, lebih baik berlari satu atau dua kali sepekan daripada enam kali sepekan tapi kemudian tidak berlari selama tiga minggu.

Rencana Lari

Sebagai pemula, untuk membantu tubuh menyesuaikan diri, Anda dapat mencoba mengikuti rencana berikut.

Tahap pertama:

  • Hari pertama: jalan kaki 10 menit, kemudian larilah kurang lebih 3 kilometer dalam tempo lambat. Akhiri dengan jalan kaki 10 menit.
  • Hari kedua: jalan kaki 30 – 45 menit.
  • Hari ketiga: istirahat dan lakukan aktivitas lain.
  • Ulangi tiga kali hingga tubuh Anda terbiasa.

Tahap kedua:

  • Hari pertama: setelah berjalan kaki 10 menit, larilah sekitar 5 kilometer dalam kecepatan yang nyaman untuk Anda. Akhiri dengan jalan kaki 10 menit.
  • Hari kedua: jalan kaki 30 – 45 menit.
  • Hari ketiga: jalan kaki 10 menit, lari sekitar 8 kilometer dalam kecepatan yang nyaman untuk Anda. Akhiri dengan jalan kaki 10 menit.
  • Hari keempat: istirahat dan lakukan aktivitas lain.

Ulangi, modifikasi, dan padukan dengan olahraga lain sesuai kesukaan dan kebutuhan Anda. Setelah rutin berlatih, mulai tetapkan target dengan mempersiapkan diri mengikuti perlombaan, misal mulai dengan jarak 5 kilometer (5K).

Di samping itu, meski sehat, tapi rutin berlari terus menerus dapat menjadi aktivitas yang membosankan. Lakukan aktivitas lain yang juga memungkinkan Anda bergerak aktif seperti berbelanja, berkebun, memasak. Semua kegiatan yang membuat tubuh bergerak terhitung sebagai bagian dari rencana kebugaran karena membuat detak jantung meningkat.

Setelah lari, Anda membutuhkan asupan energi kembali. Anda bisa mengembalikan energi Anda dengan meminum air kelapa murni. Untuk mencari air kelapa murni yang sehat tanpa pewarna dan pengawet tidak perlu repot, tinggal masuk ke website lemonilo.com dan minuman sehat yang Anda cari ada di sini!


Cek juga kategori kami: Jual Aneka Macam Madu Hutan Asli & Murni | Lemonilo

Baca juga: Tips diet sehat


Artikel Terkait

Makan Jengkol Nggak Perlu Khawatir Bau, Kamu Harus Mengolahnya dengan Cara Ini
Coba Lemonizen yang suka makan jengkol pada berani unjuk gigi nggak? As we know ya, efek bau yang ditimbulkan setelah ma..
Shella Rafiqah Ully
15 April 2019
Begini Cara Manfaatkan Minyak Kelapa Murni untuk Bayi, Ibu Harus Coba!
Bukan informasi baru bahwa minyak kelapa murni memiliki segudang khasiat. Minyak kelapa murni mulai digandrungi banyak o..
Shella Rafiqah Ully
21 Maret 2019
Kolaborasi Lemon dengan Bahan Alami Ini Bisa Jadi Senjata Atasi Ketombe
Ketombe yang tiba-tiba muncul di bahu pasti bikin gengges. Meski dianggap sepele, kehadirannya bisa sangat mempengaruhi ..
Shella Rafiqah Ully
11 Maret 2019