Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Tips Membangun Komunikasi Dalam Rumah Tangga Agar Selalu Harmonis

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Hubungan harmonis suami istri ditentukan komunikasi dalam rumah tangga yang benar.
Komunikasi dalam rumah tangga adalah kunci utama agar rumah tangga bisa berjalan langgeng dan harmonis. Seperti yang kita ketahui, bahwa kehidupan berumah tangga adalah sebuah kehidupan yang kompleks. Beberapa pasangan sering mengabaikan tentang fungsi komunikasi, terutama komunikasi langsung. Padahal hal ini sangat penting untuk memecahkan setiap masalah yang mungkin muncul dalam rumah tangga.
banner consideration shipping bg blue

Kurangnya komunikasi ini dapat memicu masalah serius, contohnya adalah perceraian. Hubungan suami istri menjadi tidak baik karena komunikasi kurang sehingga bisa timbul kecurigaan dan salah paham. Oleh karena itu, komunikasi adalah hal penting yang harus ditanamkan dalam rumah tangga. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar komunikasi bisa berjalan lancar:

1. Lakukan Komunikasi Secara Langsung



Keharmonisan keluarga dapat tercapai dengan komunikasi yang baik. Lakukan komunikasi secara langsung atau komunikasi verbal. Melakukan komunikasi ini akan membuat hubungan semakin baik karena didasari oleh rasa percaya, jujur, dan terbuka. Utarakan apa yang ingin Anda sampaikan atau tanyakan kepada pasangan secara langsung. Dengan begitu akan jelas apa yang diharapkan. Komunikasi tidak langsung kadang membuat pertanyaan menjadi ambigu.

Selama masih bisa bertatap muka, lakukanlah. Dengan berbicara langsung juga bisa mendekatkan ikatan, tatapan mata dan sentuhan bisa menambah keharmonisan keluarga. Saat berada dirumah, jauhkan handphone untuk lebih berkomunikasi secara intens.

2. Selesaikan Masalah Dengan Komunikasi



Pada saat muncul masalah dalam rumah tangga, kedepankan komunikasi untuk menyelesaikannya. Lakukan komunikasi dengan nada yang lembut. Mungkin yang lebih sering mengutarakan dengan nada lembut adalah sang istri. Kadang kala, suami cenderung menggunakan nada yang sedikit kasar ketika berkomunikasi. Namun hal itu bisa terjadi karena beratnya beban pekerjaan dan tanggung jawab yang harus diemban oleh suami. Jangan menyelesaikan masalah dengan emosi, walaupun mungkin kondisi memang sedang panas namun lebih baik duduk bersama dan berbicara. Komunikasi yang baik akan memberikan hasil yang baik juga, khususnya dalam kehidupan rumah tangga yang memang sangat kompleks.
banner consideration promotion bg blue

3. Gunakan Media Telekomunikasi



Teknologi memang banyak membantu dalam komunikasi. Salah satunya adalah penggunaan handphone. Selama ini mungkin belum banyak yang mengoptimalkan penggunaan handphone dalam berkomunikasi. Biasanya hanya untuk hal yang penting-penting saja. Namun dalam berumah tangga, agar tetap harmonis Anda bisa menggunakan handphone tersebut. Saat sedang jauh dari keluarga, cobalah untuk sekedar mengirim pesan menanyakan apakah sudah makan, aktivitas hari ini, dan lainnya.

Jangan menghubungi hanya pada saat butuh saja. Obrolan-obrolan ringan mampu menciptakan suasana harmonis walaupun berjauhan. Jejaring sosial juga bisa bermanfaat agar Anda merasa terus dekat pasangan. Gunakan secara bijak dan terarah.

4. Bangun Komunikasi yang Berlandaskan Kepercayaan



Hubungan suami istri akan terjalin baik jika didasarkan pada kepercayaan dan saling terbuka. Pentingnya rasa percaya membuat rumah tangga semakin harmonis dan komunikasi lancar. Hal ini juga bisa menghindarkan dari rasa curiga dan kesalahpahaman yang mampu membuat masalah rumah tangga.
Banyaknya kasus perceraian atau kekerasan dalam rumah tangga kadang dipicu oleh komunikasi yang kurang dan rasa percaya rendah. Unsur believe atau percaya harus dilakukan sesering mungkin dalam sebuah hubungan hingga mampu meredam permasalahan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Salah satu kunci dalam membentuk keluarga yang harmonis adalah dengan komunikasi. Bertanya, bercerita, dan mengutarakan apa yang dirasakan kepada pasangan. Pola komunikasi dalam rumah tangga akan menentukan bagaimana harmonisnya keluarga Anda. Jadi, jangan sampai tidak berkomunikasi dengan pasangan Anda ya.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.