Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Tips Menambah Berat Badan Tanpa Mengesampingkan Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Cara menambah berat badan bisa dilakukan dengan mudah.
Untuk mendapatkan badan yang ideal, ada sebagian orang melakukan berbagai cara yang membahayakan kesehatan. Bahkan, ada yang menambah berat badan dengan cara yang ekstrim loh Lemonizen! Mulai dari melakukan diet penambah berat badan hingga mengkonsumsi banyak vitamin yang justru akan membahayakan kesehatan.

Faktanya, dibanding dengan menggunakan cara-cara yang sulit dan berbahaya, kamu bisa menggunakan cara sederhana yang tidak kalah ampuhnya. Meski butuh waktu yang sedikit lebih lama, cara-cara ini lebih aman dibanding dengan mengkonsumsi vitamin penambah berat badan yang belum tentu aman. Berikut upaya yang dapat kamu tindakkan untuk membentuk berat badan ideal.

1. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat dan Bernutrisi



Jatuh cinta dengan makanan jenis junk food? Sebaiknya segera tinggalkan jika tidak ingin kesehatan kamu menjadi terganggu. Mengkonsumsi junk food memang bukan sebuah kesalahan jika hanya sesekali. Meski memiliki rasa yang lezat dan praktis, junk food bukan makanan yang baik jika dikonsumsi setiap hari.

Salah satu cara terbaik untuk memiliki badan yang lebih berisi adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat lengkap dengan kandungan gizi yang seimbang. Makanan dengan kandungan lemak, karbohidrat, protein, kalsium, dan vitamin menjadi kombinasi utama untuk membentuk berat badan ideal. Sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, tahu, tempe, susu tinggi kalsium adalah beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang.

2. Memberi Tambahan Kalori Setiap Hari



Kunci utama dalam menambah angka berat badan adalah dengan memperbanyak asupan kalori dalam tubuh. Kalori yang kamu butuhkan ini bisa didapat dari makanan-makanan sehat seperti yang ada pada poin pertama. Tambahan beberapa jenis makanan berkalori tinggi seperti keju, roti, dan masih banyak lagi jenis makanan lain.

Sebagai informasi, sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih makanan yang dapat menambah kalori dalam tubuh. Pasalnya, banyak makanan penambah kalori yang juga mengandung glukosa dan lemak tinggi.

3. Lebih Sering Makan



Biasanya, orang bertubuh kurus akan lebih cepat kenyang meski makan hanya dengan porsi minim. Jika ingin menambah angka berat badan kamu, sebaiknya makan dengan porsi yang lebih kecil sebanyak 5 sampai 6 kali dalam sehari. Cara diatas lebih efektif dibanding dengan mengkonsumsi makanan dengan porsi besar tiga kali sehari.

4. Mengganti Minuman Bersoda dengan Jus atau Smoothies



Untuk kamu yang suka dengan minuman bersoda, sebaiknya segera menggantinya dengan jus atau smoothies yang lebih sehat. Smoothies dan jus adalah jenis minuman berbahan dasar buah yang enak dan sehat. Bedanya, smoothies lebih bervariasi dengan tambahan kacang, susu, dan yogurt yang diblender bersamaan.

Minuman bersoda dan memiliki kandungan gula yang tinggi membuat tubuh menjadi lebih berat namun memberi dampak yang buruk pada kesehatan. Kamu bisa menggantinya dengan jus dan smoothies dari buah-buah segar yang sehat.

5. Mengkonsumsi Camilan Sehat dan Rutin Olahraga



Jika hanya mengkonsumsi makanan berat saja, kamu pasti akan mudah bosan. Di sela-sela makanan utama, kamu bisa mencicipi camilan sehat yang kaya akan nutrisi seperti salad, jagung rebus, buah, almond, dan masih banyak lagi. Hindari camilan seperti gorengan yang memiliki kandungan minyak tinggi.

Rajin berolahraga memberi manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya untuk menambah angka berat badan dan massa otot kamu. Jika tidak ada waktu, setidaknya sekali dalam seminggu luangkan waktu untuk olahraga ringan seperti jogging, badminton, bersepeda, senam, yoga, dan lain sebagainya.

Demikianlah cara-cara mudah dan aman yang bisa kamu lakukan untuk menambah berat badan ideal. Dari daftar tips diatas, konsisten dan tidak mudah menyerah menjadi kunci yang paling penting dalam menaikkan berat badan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kamu yang ingin memiliki badan lebih berisi dan ideal ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.