Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Tips Mengisi Waktu Luang Dengan Usaha Dagang Sampingan

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Kedai minuman jadi salah satu usaha sampingan yang bisa dicoba.
Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda untuk mengisi waktu luangnya. Kamu sendiri pun mungkin memiliki kebiasaan tertentu. Jika selama ini kamu memanfaatkan waktu senggang hanya dengan bersantai atau bersenang-senang, cobalah memanfaatkannya dengan mencoba usaha sampingan. Hanya dengan beberapa jam saja, kamu bisa memperoleh penghasilan yang lumayan. Nah, berikut tips mengisi waktu luang:
banner consideration shipping bg blue

1. Kerja Part-Time



Waktu luang tanpa melakukan kegiatan yang berarti bisa membuat kamu jenuh. Mengambil pekerjaan part-time atau paruh waktu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menyibukkan diri daripada hanya berleha-leha di rumah. Kamu bisa mencoba kerja part-time, seperti di Wedding Organizer. Biasanya, kamu hanya akan bekerja saat ada acara pernikahan saja di akhir pekan.

Selain itu, terdapat banyak pekerjaan part-time lainnya yang juga bisa dicoba. Pilihlah yang sesuai dengan minat dan kemampuan dan tidak bentrok dengan pekerjaan utama kamu ya.

2. Membuka Usaha Sampingan



Lebih baik kamu memanfaatkan waktu luang untuk belajar menjalankan usaha sampingan agar hidup semakin produktif. Misalnya, membuka kedai minuman atau kedai kopi di malam hari setelah kamu pulang bekerja.

Jika jam kerja kamu di kantor dari jam 8 pagi sampai 5 sore, kamu bisa memulai usaha sekitar jam 7 malam sampai 11 malam. Meskipun cuma 4 jam beroperasi, usaha kedai minuman bisa saja menghasilkan. Apalagi jika tempat usaha berada di lokasi strategis pasti akan ada pelanggannya.

3. Kerja Freelance



Daripada kamu bingung mau melakukan apa, mendingan menjadi freelancer. Tips kerja freelance bisa menentukan sendiri waktu kerjanya dan bisa menjalankan pekerjaan dari rumah. Jika kamu pandai menulis, coba mendaftar sebagai penulis lepas di majalah atau website. Atau jika kamu ingin menjadi desainer lepas, kamu pun bisa melakukannya. Coba saja kunjungi situs lowongan kerja untuk menemukan pekerjaan freelance yang sesuai dengan keahlian dan keinginan kamu.
banner consideration promotion bg blue

4. Mengelola Toko Online



Online shop atau toko online adalah jenis bisnis yang cukup fleksibel dilakukan. Kamu tidak perlu online setiap saat, tapi bisa mengelolanya kapan saja saat sempat. Jumlah keuntungannya juga tidak main-main jika kamu bisa mengelolanya dengan baik.

Mulailah bisnis online ini dengan menjadi reseller, memanfaatkan media sosial maupun platform marketplace untuk memasarkan produk yang dijual. Saat ada waktu luang, gunakan itu untuk melakukan promosi, meng-update di media sosial, membalas chat dari calon pembeli, mengurus dan mengirimkan pesanan pelanggan.

5. Menjual Barang Bekas



Kamu bisa menjual buku-buku antik hingga boneka masih layak pakai untuk mengisi waktu luang sehingga dapat menghasilkan pundi-pundi uang tambahan. Pasalnya, banyak orang yang gemar mengoleksi barang unik dan tidak segan mengeluarkan uang untuk membelinya. Menjual barang bekas yang masih layak pakai dengan harga miring juga akan diminati oleh orang yang sangat membutuhkan barang tersebut, seperti ponsel bekas.

Tentu saja dalam hal ini kamu harus pandai-pandai memilih barang bekas yang bisa dijual. Bahkan jika tidak memiliki barang bekas, masih bisa menjadi perantara jual beli. Siapa yang menyangka jika barang bekas bisa memberikan keuntungan yang lumayan untuk kamu?
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah tips mengisi waktu luang dengan usaha sampingan. Jadikan waktu luang kamu sebagai waktu yang produktif sehingga waktu kamu tidak terbuang percuma. Berbagai rekomendasi usaha sampingan diatas bisa menjadi ide yang sangat cocok untuk kamu lakukan. Selamat mencoba ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.