Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Tips Tetap Sehat Saat Merayakan Natal Tahun Ini

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
25 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
tips tetap sehat saat natal
Sama seperti perayaan hari besar agama lain tahun ini, Natal kali ini juga akan berbeda. Tak akan ada yang menyangka bahwa pandemi Covid-19 akan berlangsung sepanjang tahun di Indonesia. Segala proses kegiatan, termasuk perayaan hari besar agama tiba-tiba harus berubah drastis.

Momen Natal memang biasanya menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga. Tapi tahun ini tentunya akan berbeda. Acara kumpul-kumpul keluarga mungkin akan digantikan dengan bertatap muka secara daring. 
banner consideration shipping bg blue

Tapi ini semua tentu demi kebaikan bersama agar angka penularan Covid-19 tidak semakin tinggi. Dan inilah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat Natal agar tetap sehat di masa pandemi.

1. Pilih opsi untuk beribadah secara daring



Karena kondisi yang belum memungkinkan untuk melakukan ibadah secara penuh dengan bertatap muka, maka beberapa gereja biasanya akan menyiarkan tata cara ibadah secara daring atau online agar bisa diikuti oleh umat Kristiani.

Kamu bisa memilih opsi beribadah di rumah jika dirasa keluar rumah masih terlalu riskan. Meski rasanya akan berbeda seperti ibadah di tahun-tahun sebelumnya, tetapi semoga hal ini tidak mengurangi esensi dalam beribadah Natal tahun ini.

2. Jika harus beribadah di gereja, tetap terapkan protokol kesehatan



Kementerian Agama sudah menerbitkan surat edaran yang menghimbau umat Kristiani yang ingin tetap melakukan ibadah di gereja, harus tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai standar yang berlaku.

Panduan yang diterbitkan Kemenag antara lain ibadah dan perayaan Natal hendaknya dilaksanakan secara sederhana dan tidak berlebih-lebihan, serta lebih menekankan persekutuan di tengah-tengah keluarga; ibadah dan perayaan Natal selain diselenggarakan secara berjemaah/kolektif di rumah ibadah, juga disiarkan secara daring dengan tata ibadah yang telah disiapkan oleh para Pengurus dan Pengelola Rumah Ibadah; jumlah umat yang dapat mengikuti kegiatan ibadah dan perayaan Natal secara berjemaah/kolektif tidak melebihi 50 persen dari kapasitas rumah ibadah.

Protokol kesehatan yang tak boleh dilupakan adalah 3M, yakni Memakai masker; Mencuci tangan; dan Menjaga jarak.
banner consideration promotion bg blue

3. Saat beribadah di gereja, pastikan kondisi badan sehat

Selain taat dalam menerapkan protokol kesehatan saat beribadah di gereja, kamu juga harus benar-benar mengetahui yang sebenarnya soal kondisi tubuhmu. Jangan sampai memaksakan diri datang ke tempat umum jika merasa kondisi tubuh kurang baik. Hal ini tentu demi menjaga diri dan orang lain agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Rayakan Natal dengan orang terdekat di rumah daripada di tempat umum



Sama seperti perayaan hari besar agama lain, momen setelah melakukan ibadah biasanya digunakan untuk berkumpul bersama keluarga besar. Acara berkumpul keluarga itu biasanya dilakukan di tempat umum seperti hotel, mall, atau tempat-tempat wisata.

Namun di tahun ini, tahan dulu keinginan untuk berlibur atau menghabiskan waktu di tempat umum bersama keluarga besar. Lebih baik berkegiatan di rumah untuk merayakan Natal. Meski membosankan, tapi setidaknya hal ini bisa melindungimu dan keluarga.

5. Bikin acara Natal seru yang bisa dilakukan di rumah saja

Saat Natal tiba, biasanya bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga besar dan banyak melakukan kegiatan seru. Namun, di masa pandemi ini mungkin banyak kegiatan yang tak bisa dilakukan.

Tetap berada di rumah selama berbulan-bulan tentu saja mendatangkan rasa bosan. Tapi jangan biarkan kondisi ini membuatmu sedih di hari Natal. Kamu bisa tetap membuat Natalmu menjadi seru dengan membuat kegiatan Natal khusus di rumah saja. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Seperti menonton film tentang Natal, menyanyikan lagu Natal bersama keluarga besar dengan video call, sampai membuka kado Natal bersama-sama.

Meski pandemi Covid-19 menghantam kita semua, tapi jangan biarkan kita terus terpuruk. Gunakan semangat Natal tahun ini untuk bangkit melawan Covid-19. Share pengalaman Natalmu tahun ini di kolom komentar, ya.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.