Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Tips Usaha Jual Makanan Mudah dan Cepat Balik Modal

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Apr 2021
Clock Icon
4 menit
Jualan Makanan

Banyak orang yang memiliki hobi memasak, menjadikan hobinya sebagai sumber penghasilan tambahan dengan membuka usaha kuliner. Usaha makanan juga menjadi usaha yang tidak ada matinya. Apalagi makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup. Nah, jika kamu juga ingin memulai usaha kuliner, cobalah simak tips usaha jualan makanan berikut ini:

banner consideration shipping bg blue

1. Menyiapkan Modal Awal Usaha

modal awal untuk jualan makanan

Tips paling utama dalam memulai jualan makanan adalah menyiapkan modal. Modal sangat dibutuhkan untuk membeli keperluan jual makanan.  Jika kamu tidak memiliki modal yang cukup, ada banyak cara untuk menutupi kekurangan modal, misalnya mencari rekan yang bisa diajak kerja sama, meminjam ke koperasi atau bank melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk pelaku UKM. 

2. Menentukan Lokasi Usaha

lokasi usaha untuk jualan makanan

Bagi usaha jualan makanan, lokasi merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan kesuksesan. Jika kamu memilih lokasi yang terlalu terpencil, justru semakin sedikit orang yang tahu tempat usaha kamu. Kecuali kalau memang konsep bisnisnya memang demikian.


Namun perlu diingat, kalau memang kamu ingin mendirikan sebuah usaha kuliner yang terpencil, maka kegiatan pemasaran harus gencar dilakukan. Jangan samakan dengan bisnis makanan legendaris yang meskipun berada di tempat terpencil tetap diburu konsumen.

3. Tentukan Menu Andalan yang Akan Dijual 

menu jualan makanan

Sebelum memulai usaha makanan, sebaiknya kamu melakukan penelitian terlebih dahulu tentang menu yang tren beredar di pasar. Kemudian, pilihlah menu yang belum banyak dijual di sekitar tempat usaha kamu agar mengurangi tingkat persaingan. Namun, pilihan menu tersebut juga harus disesuaikan dengan target pasar.

4. Pemasok Bahan Baku

pemasok bahan baku untuk jualan makanan

Memiliki pemasok tetap yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya sangat penting untuk kelancaran proses produksi usaha kamu. Selain bisa mendapatkan harga relatif murah, kamu juga bisa menjadi orang kepercayaan saat mengalami keadaan sulit atau terjepit modal.

banner consideration promotion bg blue


Selain itu, kamu juga bisa diprioritaskan lebih dulu jika suatu saat bahan baku yang dibutuhkan sedang langka di pasaran. Namun, usahakan memiliki lebih dari satu pemasok sebagai alternatif bila pemasok yang satu tidak bisa menyediakan permintaan.

5. Sumber Daya Manusia (SDM)

sumber daya manusia untuk jualan makanan

Sebaiknya kamu menyediakan karyawan yang terbagi ke dalam kelompok tukang masak, pelayan, dan kasir. Namun, jika usaha tergolong kecil, seorang asisten yang dapat membantu pekerjaanmu saja sudah cukup. Jangan lupa untuk memperhatikan kesejahteraan karyawan dengan memberi gaji tepat waktu. Ini penting untuk menjaga kestabilan keterampilan dan kesiapan karyawan saat bekerja sehingga usaha kamu tetap lancar.

6. Target Pemasaran

target pemasaran untuk jualan makanan

Menyesuaikan jenis usaha makanan dengan target pasar merupakan salah satu kunci sukses menjalankan tips usaha jual makanan dan minuman. Walaupun kamu menjual harga murah meriah sekalipun, jika tidak sesuai dengan selera konsumen, bisa menjadi kendala.

7. Promosi yang Tepat

promosi untuk jualan makanan

Promosi dari mulut ke mulut hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi usaha kebanyakan orang. Tips ini akan berhasil jika kamu bisa memuaskan konsumen dan nantinya mereka pun bisa menjadi pelanggan setia dan memberikan review kepada sekitarnya. Selain itu, saat ini juga sudah banyak media promosi yang efektif, seperti media sosial Instagram dan Facebook. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itulah tips usaha jualan makanan mudah dan sangat cepat balik modal yang bisa kamu terapkan untuk memulai usaha kuliner. Jenis usaha ini adalah usaha yang tidak akan pernah mati mengingat makanan akan selalu dibutuhkan oleh manusia. Dengan langkah dan strategi yang tepat, kamu bisa menjalankan usaha ini dengan baik dan lancar! 


Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.