Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Tumbuh Uban di Usia Muda Berikut Cara Mengatasinya

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Uban di usia wajib diatasi dengan beberapa cara yang baik dan benar.

Banyak orang yang mencari bagaimana cara mengatasi uban di usia muda. Sebab, uban tidak hanya bisa muncul di usia tua, namun usia muda juga bisa memiliki uban. Banyak orang beranggapan bahwa munculnya uban pada usia dini merupakan efek samping dari sifat mudah marah, ataupun akibat sering mengalami stres. Padahal ada banyak hal lain yang menjadi penyabab uban di usia muda. Untuk menghindarinya, cek ulasan berikut ini!


1. Faktor Genetik

Ternyata, faktor genetik juga mempengaruhi uban yang muncul pada usia muda. Apabila dalam keluarga ada yang mengalami hal ini, kemungkinan akan terjadi kepada kita juga. Tidak hanya itu saja, kelompok ras atau etnis tertentu juga memiliki kecenderungan mengalami munculnya uban lebih dini. Sebuah studi menyatakan bahwa ras Kaukasia cenderung lebih cepat beruban.

banner consideration shipping bg blue

2. Defisit Asupan Vitamin Tertentu

Seseorang yang sering mengalami kekurangan vitamin B12 memiliki risiko lebih tinggi dalam munculnya uban pada waktu usianya masih muda. Salah satu jenis vitamin yang memberikan pasokan energi ini berperan dalam pertumbuhan tubuh, termasuk rambut. Jika terlalu lama mengalami defisit vitamin B12, produksi melanin rambut terhambat dan menyebabkan uban.

3. Stres

Sebelumnya telah disebutkan bahwa stres dapat memicu uban muncul sebelum waktunya. Saat tubuh mengalami stres, sebagian besar energi tercurah untuk mengatasinya. Oleh sebab itu, produksi zat warna pada rambut juga akan terhambat. Itulah sebabnya, lambat laun rambut berubah menjadi putih, meskipun usia masih muda.

4. Efek Samping Kosmetika Rambut

Saat ini ada berbagai kosmetika yang dipakai orang untuk membuat rambutnya tampak makin indah. Namun, sayangnya beberapa jenis produk tersebut memiliki efek samping merusak folikel rambut dan mengganggu produksi zat warna alaminya. Hal ini terutama terjadi pada penggunaan produk yang mengandung hidrogen peroksida.

5. Adanya Penyakit Autoimun

Penyebab lain dari munculnya uban lebih awal adalah adanya penyakit autoimun yang menyebabkan kekebalan tubuh justru menyerang sel sehat. Pada akhirnya, banyak sistem di dalam tubuh menjadi terganggu. Penyakit ini juga bisa menyebabkan imun tubuh justru menyerang sel rambut dan membuat pigmennya berkurang, bahkan menghilang.

Cara Mengatasi Uban yang Muncul Pada Usia Muda

Uban pada usia muda memang menjengkelkan dan bisa mengakibatkan berkurangnya rasa percaya diri. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan perawatan yang tepat agar rambut kembali sehat. Tidak perlu khawatir, sebab beberapa perawatan tersebut dapat dilakukan sehari-hari di rumah.

1. Mencukupi Kebutuhan Vitamin B12


Cara pertama untuk mencegah timbulnya uban lebih awal adalah dengan mencukupi kebutuhan Vitamin B12 harian. Nutrisi ini menjamin kulit kepala tetap sehat dan terlindungi, juga mencegah terganggunya pigmen pada rambut. Vitamin tersebut dapat diperoleh melalui makanan, yaitu keju, jeruk, alpukat, dan plum.

banner consideration promotion bg blue

2. Pilih Produk Untuk Rambut dengan Kandungan Biotin


Jeli dalam memilih produk perawatan rambut juga sangat penting. Hindari kandungan yang dapat merusak kesehatan rambut dan kulit kepala. Sebaiknya, pilih produk dengan tambahan biotin, yaitu bahan alami yang dapat menjaga warna alami rambut. Dengan demikian, warna hitam rambut akan dapat dipertahankan dan tidak memutih sebelum waktunya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Kesimpulannya, uban di usia muda sangat mungkin terjadi, terutama apabila tidak menghindari faktor pemicunya. Gaya hidup sehat dan alami dapat menjauhkan diri dari paparan faktor pemicu uban dini tersebut. Segera mengatasi jika mengalami stres juga merupakan langkah perlindungan agar sel tubuh termasuk rambut, tidak menua sebelum waktunya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.