Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Usaha Ayam Petelur yang Mudah dan Menguntungkan, Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Cara memulai usaha ayam petelur sangat mudah dilakukan.
Banyak orang membudidayakan ayam petelur karena dinilai lebih mudah dan menguntungkan. Ketika menjalankan usaha ayam petelur kamu tidak perlu mencari bibit setiap masa panen tiba karena ayam petelur dapat menghasilkan telur berulang kali. Berbeda dengan jenis ayam pedaging yang harus disembelih saat masa panen tiba. Bagaimana cara memulai usaha ini? Berikut ulasannya:

1. Cari Lokasi Kandang Jauh dari Pemukiman



Ketika menggeluti usaha ayam petelur, jangan menyiapkan kandang ayam yang berlokasi di sekitar pemukiman, bau dari ayam dan kotorannya akan sangat mengganggu masyarakat sekitar. Selain itu, lokasi kandang ayam yang jauh dari aktivitas warga akan membuat ayam tidak mudah terkena stress sehingga akan mengurangi resiko munculnya penyakit dan kualitas telur yang kurang sempurna.

2. Pilih Model Kandang yang Memaksimalkan Lahan



Dalam membuat kandang, pilih model kandang ayam petelur yang tepat. Jenis pertama adalah kandang koloni. Model ini hanya harus menempatkan ayam petelur dalam satu kandang secara bebas. Namun, model kandang seperti ini memiliki kekurangan proses pengumpulan telur yang tidak efektif dilakukan.

Kedua model kandang baterai. Model ini hanya menyediakan ruangan terbatas untuk setiap ayam petelur dengan efektif memanfaatkan lahan yang ada karena setiap baris ruang ayam dapat disusun hingga empat tingkat. Lahan yang dimiliki jadi lebih efisien dan tidak perlu repot saat mengumpulkan telur yang dihasilkan oleh ayam.

3. Pilih Bibit Dengan Cermat



Untuk memilih bibit ayam petelur yang tepat, pastikan memilih bibit yang sehat, bulu lebat, rata dan tidak ada kecacatan fisik. Pastikan juga membeli bibit di penjual yang terpercaya dan berasal dari indukan yang sehat agar kualitas telur yang dihasilkan tetap terjaga.

4. Ketahui Kandungan Pakan yang Dibutuhkan Ayam Petelur



Umumnya, pakan ayam yang berkualitas mengandung karbohidrat, protein, mineral, kalsium dan vitamin yang bisa didapatkan dari pakan dengan campuran konsentrat, jagung dan juga dedak.  Selain itu, kamu juga harus memberi makan ayam sesuai porsi yang dibutuhkan. Saat ayam memiliki tubuh kurus, produksi telurnya tidak akan maksimal dan jika terlalu gemuk akan menghambat terbentuknya telur. Untuk itu, usahakan selalu memberikan pakan ayam dengan kandungan dan porsi pas.

5. Sortir Telur saat Masa Panen Tiba



Dari saat membeli bibit, ayam petelur baru akan menghasilkan telur saat berusia 4 bulan. Setelahnya kamu akan panen telur setiap hari, tergantung kondisi kesehatan ayam. Setelah telur selesai dipanen, usahakan untuk tidak langsung menjualnya. Kamu harus sortir telur sesuai dengan kualitasnya untuk memisahkan telur yang tidak normal agar tidak terjual.

6. Estimasi Modal dan Keuntungan Peternak Ayam Petelur



Untuk membuat kandang ayam petelur akan menghabiskan sekitar Rp. 1,5 juta Rupiah dan membeli bibit sekitar Rp. 750 ribu untuk 100 ekor ayam. Modal awal tersebut sekitar Rp. 2.250.000. Sedangkan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti pakan dan sekam menghabiskan Rp. 20 ribu Rupiah. Jadi, pengeluaran dalam satu bulan bisa sekitar Rp. 600 ribu Rupiah.

Kemudian untuk keuntungan, ayam petelur dapat menghasilkan satu telur setiap harinya. Jika 100 ekor ayam bisa mendapatkan sekitar 6 kg telur dengan per kg Rp. 22 ribu, omzet harian yang bisa didapat adalah Rp. 132 ribu. Dikurangi biaya operasional Rp. 20 ribu, maka keuntungan bersihnya adalah Rp. 112 ribu Rupiah per hari. Jika keuntungan bersih tersebut dikalikan 30 hari, keuntungan per bulan yang kamu dapatkan adalah Rp. 3.360.000.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai usaha ayam petelur. Mengingat telur adalah salah satu dari bahan pokok yang banyak dicari, tidak heran jika usaha ini memiliki prospek yang menjanjikan untuk digeluti. Diharapkan, berbagai tips di atas bisa membantumu dalam merintis usaha ini ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.