Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Usaha Belum Berhasil? Ini 5 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Perlu DIpelajari

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak faktor kegagalan wirausaha yang wajib diketahui pengusaha pemula.

Apa saja faktor kegagalan wirausaha yang sering terjadi dan dialami? Mengapa mengetahui faktor penyebab kegagalan menjadi sesuatu yang penting? Ya, banyak orang ingin menjadi wirausaha namun faktanya tidak sedikit juga yang harus gagal bahkan sejak baru memulai usaha. Bukan karena kamu tidak berbakat sebagai wirausaha namun mungkin kamu melakukan kesalahan tanpa disadari.

banner consideration shipping bg blue

Kesalahan itulah yang kemungkinan besar menjadi faktor penyebab kegagalan berwirausaha. Kebanyakan orang merasa tidak memiliki bakat usaha ketika dirinya gagal menjalankan sebuah bisnis. Padahal sebenarnya kegagalan tersebut bisa diantisipasi kalau kamu sudah mengetahuinya sejak awal. Inilah beberapa faktor yang bisa menyebabkan kegagalan kamu menjadi seorang wirausaha.

1. Kurang Pengetahuan dan Pengalaman


Pengalaman adalah guru yang sangat berharga begitu juga kalau kamu ingin memulai sebuah usaha. Kalau kamu memang benar-benar tidak memiliki pengetahuan tentang bisnis apalagi kalau ditambah belum adanya pengalaman sebaiknya jangan nekat.


Lalu bagaimana solusinya? Kamu bisa belajar dulu tentang bagaimana cara menjalankan usaha yang benar dari orang lain. Caranya bisa dengan menjadi karyawan mereka ataupun langsung bertanya. Setelah merasa cukup memiliki pengetahuan dan pengalaman barulah buka usaha kamu sendiri.

2. Kurang Mampu Mengendalikan Keuangan


Kamu memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai di bidang usaha namun kurang mampu dalam hal mengendalikan keuangan ini menjadi masalah besar. Saat menjalankan usaha pastinya kamu akan langsung mengelola keuangan tersebut.


Bagaimana jadinya kalau kamu tidak bisa mengatur keuangan tersebut sehingga keuntungan yang didapatkan selalu habis tidak jelas penggunaannya. Kalau kamu merasa kurang mampu mengendalikan keuangan namun tetap ingin berwirausaha sebaiknya pekerjaan orang untuk memegang dan mengatur finansial tersebut.

3. Gagal dalam Membuat Rencana


Menjalankan sebuah usaha harus dimulai dengan perencanaan yang matang misalnya jenis bisnis apa yang akan dijalankan, berapa besar modal dan dari mana mendapatkannya, bagaimana strategi pemasarannya dan lain sebagainya. Kegagalan usaha bisa saja terjadi sejak awal karena kamu sendiri tidak bisa membuat rencana yang bagus dan terstruktur.

banner consideration promotion bg blue

4. Lokasi yang Kurang Tepat


Lokasi menentukan prestasi, begitu kalimat yang sering diucapkan oleh anak-anak sekolah kalau sedang ujian. Ternyata di bidang usaha kalimat tersebut juga berlaku. Sebagus apapun produk yang kamu jual, sebaik apapun rencana yang dibuat kalau tidak didukung dengan lokasi yang tepat rasanya akan percuma saja.


Usaha kamu membutuhkan konsumen agar bisa mendapatkan keuntungan dan berkembang. Artinya kamu harus membuat masyarakat sebagai konsumen mengetahui dan mengenal usaha tersebut. Apakah mengetahui saja sudah cukup ternyata tidak. Konsumen membutuhkan kemudahan dalam menjangkaunya.


Oleh karena itulah pilih lokasi usaha yang mudah untuk dilihat dan dijangkau konsumen. Contohnya seperti di pinggir jalan utama, di dekat sekolah atau perkantoran, dekat dengan pemukiman penduduk dan sebagainya.

5. Laba yang Terlalu Besar


Memang semua usaha memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba tapi jangan terlalu tinggi. Konsumen akan malas membeli dari kamu kalau merasa harganya terlalu mahal. Ambil laba yang masuk akal saja agar produk kamu lebih banyak terjual sehingga keuntungan bisa didapatkan. 

Selain itu mengambil laba yang terlalu besar hanya akan membuat konsumen meninggalkan kamu dan memilih yang lain. Mereka hanya akan datang ke tempat kamu kalau sangat membutuhkan saja atau dalam kondisi darurat selebihnya konsumen lebih memilih belanja di tempat lain karena ada harga yang lebih murah.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Dengan mengetahui apa saja faktor kegagalan wirausaha maka kamu bisa mengantisipasinya agar usaha tetap bisa berjalan lancar. Kegagalan menjadi seorang wirausaha tidak ada kaitannya dengan bakat melainkan adanya faktor lain yang sebenarnya bisa dihindari.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.