Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Usaha Mikro Sangat Mempercepat dan Menambah Penghasilan Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Mar 2021
Clock Icon
3 menit
Usaha mikro sangat menguntungkan untuk pengusaha pemula.

Usaha mikro merupakan salah satu jenis usaha produktif milik perseorangan maupun badan perseorangan yang telah memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang UMKM. Dengan memilih usaha mikro ini, kamu bisa mempercepat dan menambah penghasilan. Inilah beberapa hal yang membuat usaha mikro bisa membantu Anda mendapatkan penghasilan dengan cepat.

banner consideration shipping bg blue

1. Fungsi Kepemilikan pada Usaha Mikro


Berbeda dengan usaha yang sudah besar atau makro, usaha mikro memiliki fungsi ganda dan merangkap sebagai semua fungsi dari manajerial seperti administrasi, keuangan dan juga marketing. Kenapa fungsi kepemilikan ini menjadi salah satu hal yang membuat pelakunya menguntungkan? Jawabannya adalah meminimalisir dari segi biaya.

Biaya yang dikeluarkan oleh usaha mikro, akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan usaha makro. Mengingat bahwa fungsi kepemilikan di sini tidak terstruktur dan spesifik pada perusahaan-perusahaan besar yang harus menggaji tiap karyawan di setiap jenjangnya.

2. Membantu Menyiapkan Lapangan Kerja


Salah satu hal yang menjadi keuntungan usaha mikro adalah membantu menyiapkan lapangan kerja untuk generasi muda yang ingin sekolah dan berwirausaha. Tidak dapat dielakkan lagi, bahwa kecanggihan teknologi saat ini membuat siapa saja bisa berjualan, bahkan tanpa membeli barang terlebih dahulu.

Dalam hal ini, tentunya usaha mikro bisa menciptakan lapangan kerja bagi anak-anak muda yang ingin berbisnis online dengan merekrut mereka menjadi reseller, dropshipper, maupun agen. Selain menguntungkan bagi pelaku usaha mikro, hal ini tentunya juga akan mengurangi pengangguran di Indonesia.

banner consideration promotion bg blue

3. Kesedarhanaan Prosedur Hukum


Keuntungan usaha kecil berikutnya yang sangat mempercepat dan menambah penghasilan kamu adalah dalam segi kesederhanaan proses hukumnya.Pasalnya, usaha kecil hanya membutuhkan prosedur hukum yang sederhana untuk mengelola lingkupnya, tidak perlu sebuah badan hukum yang kompleks dan memiliki landasan hukum.

Hal ini tentunya juga akan berpengaruh terhadap pajak setiap produk yang dikeluarkan oleh usaha mikro. Tidak serumit dan sebanyak jumlah pajak yang harus dikeluarkan oleh perusahaan makro seperti CV dan PT.

4. Fleksibilitas Penentuan Harga


Keuntungan usaha mikro selanjutnya adalah dari segi fleksibilitas penentuan harga, yang juga berbeda dari usaha makro. Pada pelaku usaha mikro ini, pemegang usaha bisa dengan lebih leluasa dalam menentukan harga atas produksi jasa maupun barang yang mereka miliki tersebut.

Karena dalam prinsip usaha mikro, pemilik usaha adalah orang yang memegang kendali segala aset kekayaan dan hasil produksi yang nantinya tentu bisa diputuskan dengan mudah berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu.

5. Siklus Penjualan


Perbedaan yang paling menonjol antara usaha mikro dan makro adalah terletak pada siklus penjualannya. Dimana pada usaha makro, sebuah PT tidak mungkin langsung memasarkan produknya ke konsumen. Pastinya melewati beberapa agen, distributor, dan penjual, baru sampai ke tangan konsumen.

Hal ini tidak berlaku pada usaha mikro, yang sangat sederhana siklus penjualannya. Mungkin, dari tempat produksi bisa langsung ke konsumen. Dengan demikian, keuntungan yang didapatkan juga tidak akan terpotong oleh beberapa tangan perantara penjualan tadi. Apalagi di zaman teknologi seperti ini, seorang pelaku usaha mikro tinggal memposting produknya ke e-commerce dan nantinya produk bisa diiklankan sampai ke luar kota.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima keuntungan usaha mikro yang bisa mempercepat dan menambah penghasilan. Di tengah pandemi seperti ini, diharapkan usaha mikro bisa tetap survive dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengelola usaha mikro?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.