Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Usaha Ternak Ayam Agar Cepat Berkembang Ini Tipsnya

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Usaha ternak ayam adalah usaha yang menguntungkan.
Usaha ternak memang memiliki target pasar yang tidak pernah habis. Daging ayam selalu dipastikan akan memiliki permintaan yang tinggi. Sebab, selain digunakan untuk bahan baku kuliner berbahan ayam, ayam juga termasuk dalam menu harian disetiap rumah. Meski demikian, usaha ternak ayam tidak semudah yang dibayangkan.

Ada banyak hambatan yang muncul di tengah jalan, mulai dari penyakit ayam, naiknya harga pakan, pesaing hingga biaya transportasi. Untuk itu, kamu harus tahu tips menjalankan usaha ini agar cepat berkembang. Berikut tipsnya:
banner consideration shipping bg blue

1. Menentukan Waktu Mulai Beternak yang Tepat



Untuk memulai usaha ternak ayam harus memperhitungkan lama waktu tahapan beternak sehingga bisa memprediksi melakukan panen saat harga ayam sedang melonjak tinggi, umumnya saat mendekati hari raya Idul Fitri.

Dengan menargetkan panen di momentum tersebut, maka tahapan ternak bisa dimulai dari 4 bulan sebelumnya. Perhitungan waktu ini, untuk memastikan kamu memperoleh keuntungan yang optimal daripada asal-asalan memulai tahapan beternak di sembarang waktu.

2. Pastikan Memilih Bibit Unggul



Hampir semua peternak ayam sudah tahu mengenai tips ini. Namun, yang lebih penting adalah memilih jenis dan keturunan ayam itu sendiri. Misalnya, jika kamu akan membesarkan ayam buras dari keturunan wareng, berat badan maksimalnya hanya 1,5 hingga 2 kg saja, sekalipun diberi makan banyak. Berbeda dengan memelihara ayam buras rambon, ukuran badannya akan lebih cepat membesar dengan maksimal 4 sampai 5 kg.

Untuk itu, ketika kamu membeli anakan ayam sebaiknya meneliti seperti apakah indukannya dan ayam jantan yang mengawininya, agar kamu tidak mendapatkan bibit ayam yang ukuran tubuhnya tidak bisa membesar. Hal ini karena ayam yang berasal dari bibit unggul bisa memiliki masa panen yang lebih cepat dan risiko kematian lebih rendah.

3. Memberi Pakan Tepat Waktu dan Bernutrisi



Pakan ayam merupakan sumber makanan yang nantinya diserap tubuh ayam untuk memacu perkembangan dan pertumbuhannya. Pakan ayam yang baik adalah yang mengandung kadar protein tinggi seperti sentrat (pur ayam). Kamu juga bisa menggunakan jagung, bungkil kedelai, keong, tepung tulang, tepung ikan, tepung udang, ulat kecil, ampas tahu, atau limbah kedelai yang nantinya dicampur dengan bekatul sebagai makanan selingan sentrat.

Memberi pakan juga sebaiknya tepat waktu, yaitu 3 hari sekali pada saat pagi, siang dan sore. Siapkan juga dedaunan sayuran yang digantung di dalam kandang untuk mencegah ayam kelaparan jika kamu terlambat memberi makan.
banner consideration promotion bg blue

4. Kondisi Kandang yang Luas, Sejuk dan Kering



Buatlah ukuran kandang yang sesuai dengan jumlah ayam yang akan diternak. Jangan sampai terlalu sempit karena ayam bersifat lebih aktif. Pagari juga kandang dengan waring (pembatas berbentuk jaring) agar ayam bisa keluar untuk bermain-main di pelataran kandang. Saat musim hujan, sebaiknya ayam tetap di dalam kandang sembari lampu dan penghangat terus dinyalakan supaya kandang tetap hangat dan kering.

5. Pisahkan Ayam yang Sakit



Jika ada ayam yang sakit harus segera dipisahkan agar tidak menulari ayam lainnya. Oleh karena itu, perlu menyediakan kandang karantina.

6. Pahami Segmen Pasar



Dalam usaha ternak ayam, kamu harus memahami dengan betul segmen pasar untuk penjualan ayam ini. Selain penjual di pasar, pembeli ayam biasanya adalah pengusaha kuliner, seperti pemilik restoran atau tempat makan. Maka, kamu harus jeli dalam mencari peluang untuk memperluas pasar.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah tips usaha ternak ayam agar cepat berkembang yang bisa kamu aplikasikan. Berbagai tips di atas bisa kamu terapkan untuk memenangkan persaingan dalam ternak ayam yang tinggi seiring dengan peluangnya yang besar. Semoga informasi ini bermanfaat ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.