Usai Lebaran, Konsumsilah 4 Jenis Makanan Sehat Ini Untuk Bantu Jaga Kesehatanmu

22 Jun 2018 @ 10:55:18
Idul Fitri atau Lebaran merupakan sebuah Hari Raya dimana kamu akan bersilaturahmi dengan sanak saudara, saling bermaaf-maafan dan salam-salaman. Di momen silaturahmi ini, kamu juga akan disuguhkan dengan beragam jenis makanan yang menggoda selera, sebut saja opor ayam, rendang daging, ketupat, soto ayam, sate, ataupun bakso. Hmm... yummy!

Eittss... Jangan sampai terlena dengan keinginan perutmu, yah! Kandungan santan, lemak, dan minyak yang banyak hadir di makanan saat Lebaran nyatanya bisa menyebabkan banyak gangguan penyakit jika kamu tidak menanggulanginya dengan tepat dan cepat. Daripada menggunakan supplemen, cobalah konsumsi beberapa jenis makanan ini untuk menanggulangi penyakit tersebut. 

1. Alpukat, Buah Creamy Penurun Kolesterol dan Lemak Jahat

Alpukat, Buah Creamy Penurun Kolesterol dan Lemak Jahat

Banyaknya masakan ketika Lebaran berbahan daging membuat kamu akan rentan pada kolestrol. Untuk itulah, alpukat cocok untuk kamu konsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol dalam darah. 

Alpukat mengandung lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Hasilnya, Anda bisa terbebas dari penyakit kardiovaskular seperti stoke ataupun jantung koroner.

2. Cokelat, Cara Nikmat Menurunkan Tekanan Darah

Cokelat, Cara Nikmat Menurunkan Tekanan Darah

Banyaknya daging atau produk olahan daging ketika berlebaran di sanak saudara membuat kamu juga sangat beresiko terkena darah tinggi, terutama bagi kamu yang sudah menjelang usia 40 atau 50an. 

Untuk mengatasinya, konsumsilah cokelat sebagai cara nikmat menurunkan tekanan darah. Cokelat yang dianjurkan adalah cokelat hitam yang kaya flavonoid. Penelitian oleh BMC Medicine menyatakan bahwa flavonoid berhubungan dengan pembetukan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.  

3. Sayuran Hijau, Sumber Serat Pencegah Kelebihan Berat Badan

Sayuran Hijau, Sumber Serat Pencegah Kelebihan Berat Badan

Lebaran juga bisa dibilang sebagai momen kalap makan jika kamu tidak mengaturnya benar-benar. Banyaknya cemilan dan makanan membuat mulutmu tak berhenti ngemil. Semua diambil dan semua dimakan. Tak heran, setelah kamu timbang, berat badanmu akan naik cukup signifikan. 

Karenanya, konsumsilah banyak sayuran hijau selepas lebaran. Sayuran hijau mengandung banyak serat yang memaksimalkan metabolisme oleh pencernaan dan meningkatkan pembuangan (eksresi) melalui feses, urin, ataupun keringat. Selain itu, serat juga mencegah dari sembelit dan gangguan pencernaan.

4. Kayu Manis, Bahan Makanan Pencegah Naiknya Kadar Gula Darah Penyebab Diabetes

Kayu Manis, Bahan Makanan Pencegah Naiknya Kadar Gula Darah Penyebab Diabetes

Selain makanan berminyak dan berlemak, kamu akan disuguhkan dengan aneka minuman ringan dan minuman manis yang menggoda selera. Es buah, minuman kalengan, ataupun jus buah tak luput untuk disantap. Tidak terasa, kadar gula darahmu naik dengan drastis. 

Supaya tidak malah menimbulkan diabetes, cobalah konsumsi kayu manis sebagai solusinya. Kadar Methylhidroxy chalcone pelimer dalam kayu manis mampu mengkopi efek insulin yang dimiliki tubuh sehingga dapat memaksimalkan pemecahan gula dalam tubuh.



Artikel Terkait

Ayah Milenial: Bangun Hubungan Setara Mengurus Rumah Tangga
Ayah milenial berbeda dengan ayah generasi sebelumnya. Mereka membangun hubungan yang setara dalam hal mengurus rumah ta..
Shella Rafiqah Ully
17 Juni 2019
Mudik Anti Panik Saat Bawa Si Kecil, Begini Persiapannya
Mudik bersama si kecil sering bikin repot dan panik. Berikut tips mudik anti panik yang bisa orang tua terapkan sebelum ..
Shella Rafiqah Ully
02 Juni 2019
Cara Tepat Membuat Aneka Gorengan Sehat
Menyantap aneka gorengan yang diolah dalam minyak goreng memang nikmat, namun kerap dianggap kurang sehat. Simak cara me..
Shella Rafiqah Ully
29 Mei 2019