Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Vaksin Covid-19 Dimulai, Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Prosesnya

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
10 Mar 2021
Clock Icon
3 menit
vaksin covid-19

Setelah satu tahun menghadapi Pandemi Covid-19, akhirnya pada Januari 2021 lalu vaksin pertama diberikan kepada Presiden Jokowi. Disusul dengan sejumlah pejabat publik dan beberapa publik figur.


Saat ini, proses vaksinasi pun masih terus berlangsung. Ada golongan masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin sebanyak dua kali, ada pula yang belum mendapatkan sama sekali. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan di benak kita, kira-kira berapa lama lagi waktu yang dibutuhkan agar proses vaksinasi selesai? Inilah fakta-fakta tentang proses vaksinasi yang sampai saat ini masih berlangsung.

banner consideration shipping bg blue


1. Butuh waktu selama 15 bulan

Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan, proses vaksinasi di Indonesia diperkirakan akan berlangsung selama 15 bulan. Juru Bicara Vaksin COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan proses vaksinasi akan berlangsung dari Januari 2021 hingga Maret 2022.


Perkiraan waktu ini digunakan untuk melakukan proses vaksinasi Covid-19 di 34 provinsi untuk jumlah populasi sebesar 181,5 juta.


“Secara total, kita membutuhkan waktu 15 bulan, mulai Januari 2021 hingga Maret 2022, untuk menuntaskan program vaksinasi COVID-19 di 34 provinsi dan mencapai total populasi sebesar 181,5 juta orang,” jelas dr. Siti Nadia Tarmidzi.


Sementara dikutip dari Kompas, jumlah populasi 181,5 juta setara dengan 70 persen populasi yang diharapkan bisa memunculkan kekebalan kelompok atau herd immunity.


banner consideration promotion bg blue

2. Proses vaksinasi akan dilakukan dalam 2 tahap

Lebih lanjut, dr. Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan proses vaksinasi selama 15 bulan ini akan dibagi menjadi 2 tahap. Periode pertama berlangsung pada Januari 2021 hingga April 2021 dengan memprioritaskan 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta petugas publik yang ada di 34 provinsi. 


Sementara periode 2 akan berlangsung selama 11 bulan dari bulan April 2021 hingga Maret 2022 untuk menjangkau seluruh masyarakat.


3. Fasilitas vaksinasi di Indonesia

Tak hanya memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses vaksinasi, Kementerian Kesehatan juga sudah mempersiapkan lokasi fasilitas kesehatan yang bisa memberikan vaksinasi.


Dikutip dari Kompas, fasilitas kesehatan yang bisa memberikan vaksinasi tercatat sebanyak 13 ribu Puskesmas, hampir 2500 rumah sakit, serta didukung 49 kantor kesehatan pelabuhan. Tak hanya itu, Pemerintah juga dikabarkan mengerahkan 30 ribu vaksinator yang bertugas memberikan vaksin. 


4. Menerapkan protokol kesehatan wajib hukumnya!

Meski proses vaksinasi sudah mulai berlangsung, Pemerintah terus menghimbau bahwa protokol kesehatan tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Karena saat ini proses vaksinasi belum sepenuhnya selesai. Selalu rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Saat ini, kita semua tentu berharap proses vaksinasi bisa segera selesai dan semua kalangan masyarakat sudah mendapatkan jatah vaksin Covid-19. Bagi kamu yang ingin mencari informasi lebih lanjut tentang vaksinasi Covid-19, baik terkait  regulasi, materi edukasi, dan hasil kajian dapat diakses di www.covid19.go.id.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.