Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Variasi Hingga Manfaat Beras yang Perlu Diketahui

Reka Agni Maharani
Reka Agni Maharani
26 Oct 2016
Clock Icon
3 menit
Manfaat beras

Sebagai warga negara Indonesia, beras bukanlah hal asing untuk dikonsumsi sebagai makanan pokok sehari-hari. Bahkan, ada jargon yang mengatakan "perut orang Indonesia, belum kemasukan nasi belum kenyang." Beras atau yang dalam bahasa latin disebut sebagai Oryza Sativa merupakan salah satu makanan pokok, terutama bagi warga Asia. 

Selain mengandung karbohidrat yang berguna untuk membentuk energi, beras juga kaya akan serat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Jika selama ini kita hanya mengenal nasi yang berasal dari beras putih, ternyata terdapat beberapa jenis beras lain yang memiliki beragam warna serta kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Apa sajakah itu?


Beras Coklat

Beras Coklat atau brown rice merupakan beras yang diproses secara minimal dan kulit ari dari beras belum atau sengaja tidak dibersihkan (unpolished). Beras coklat didapat dari gabah yang diproses tumbuk satu-dua kali, dan biasa disebut pecah kulit atau proses pembersihan sekam.

Nutrisi yang terkandung pada beras coklat lebih baik dari beras putih biasa. Akibat proses yang lebih sedikit, beras ini kaya akan protein, fiber, potassium maupun vitamin B-6. Beras coklat juga mengandung 6% mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, dan memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah dibanding beras putih biasa. 


Beras Merah

Beras merah memiliki kandungan serat yang hampir mirip dengan beras coklat. Konsumsi berkelanjutan atas beras merah dapat membuat sistem pencernaan di dalam tubuh menjadi lebih baik dan metabolisme tubuh menjadi lebih seimbang.

Beras merah memiliki kandungan seperti vitamin B, fiber, zinc, zat besi, mangan, selenium, magnesium dan nutrisi lainnya. Selain itu, beras merah mengandung antioxidant yang lebih tinggi dibanding beras putih dan tidak menimbulkan alergi.

Akan tetapi, konsumsi beras merah terlalu banyak ternyata dapat menimbulkan bahaya untuk tubuh, karena beras merah dapat menimbulkan asam fitat, yaitu penghambat penyerapan zat besi dan kalsium di dalam tubuh. Untuk mendapatkan kesehatan yang seimbang, maka disarankan mengonsumsi beras merah tidak bersamaan dengan makanan yang mengandung kalsium atau zat besi.

Di Indonesia, beras merah memiliki berbagai macam varietas sesuai dengan daerah atau tempat penanamannya, seperti varietas Cempo dan Andel Abang yang berasal dari Yogyakarta.

 

Beras Hitam

Jika dibandingkan dengan beras coklat maupun beras merah, beras hitam memiliki kalori yang rendah dan serat yang lebih tinggi. Tidak hanya itu saja, beras hitam juga bebas gula, sehingga penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi beras ini. Bisa dikatakan bahwa beras hitam memiliki kandungan gizi yang paling lengkap di antara beras-beras lainnya. Berkat kekayaan gizi yang terkandung di dalamnya, di masa dinasti Cina kuno beras hitam disebut sebagai "beras terlarang" (forbidden rice) dan hanya dapat dikonsumsi oleh para kaisar maupun raja-raja. 

Adapun beberapa manfaat mengonsumsi beras hitam antara lain:

  • Kaya Akan Antioksidan. Kandungan Antosianin di dalam beras hitam merupakan antioksidan yang dapat berfungsi untuk anti kanker, anti penuaan dan mencegah Alzhaimer. Selain itu, zat antosianin merupakan anti inflamasi yang baik sehingga dapat mengurangi radang yang kerap terjadi di dalam tubuh.

  • Menjaga Kesehatan JantungBeberapa studi menjelaskan bahwa beras hitam dapat mengurangi plak-plak berbahaya yang menyumbat pembuluh darah di arteri sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

  • Bebas Gluten dan Mencegah Obesitas. Seperti jenis beras lain, beras hitam bebas gluten alami  sehingga sangat cocok bagi orang-orang yang sensitif maupun alergi gluten. Karena seratnya yang tinggi dan 100% bebas gula, beras hitam dipercaya dapat mencegah obesitas dan baik untuk diet gula atau diet perawatan tubuh.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.