Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Wajib Coba! Resep Sayur Nangka Rempah Alami yang Praktis

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Jan 2021
Clock Icon
4 menit
Resep sayur nangka mudah dibuat.
Indonesia dikenal sebagai negara beriklim tropis yang memiliki beragam jenis buah. Salah satu jenis buah yang banyak digemari adalah buah nangka. Selain lezat dimakan saat sudah matang, buah nangka yang masih muda juga bisa dibuat sayur. Rasanya yang lezat ditambah proses pembuatannya yang cukup sederhana membuat banyak orang menyukai sayur nangka.
banner consideration shipping bg blue

Sayur nangka memang termasuk saur tradisional, namun rasanya tentu tidak kalah dengan masakan-masakan modern masa kini. Berikut resep sayur nangka yang nikmat, lezat, dan menyehatkan.

1. Sayur Nangka Kuah Santan



Salah satu contoh olahan sayur nangka favorit masyarakat Indonesia adalah sayur nangka kuah santan. Untuk membuat menu ini, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan seperti nangka muda, santan, daun salam, gula merah, bawang putih, cabai merah, bawang merah, ketumbar, lengkuas, dan serai.

Pertama, kupas nangka muda lalu potong menjadi kecil-kecil. Cuci bersih hingga tidak ada getah lengket yang menempel. Rebus potongan nangka selama kurang lebih 15 menit, angkat dan tiriskan, taruh di wadah kosong. Siapkan bumbu yang akan digunakan untuk memasak nangka muda ini.

Hancurkan atau tumbuk bumbu hingga halus. Jika semua bumbu dan bahan sudah siap, didihkan santan lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Kemudian geprek lengkuas dan serai. Masukkan bersamaan dengan daun salam, aduk dan tunggu hingga mengeluarkan aroma yang harum.

Jika sudah harum, masukkan nangka muda yang tadi sudah direbus dan aduk sampai seluruhnya merata. Tambahkan gula merah dan garam sebagai penyedap, aduk kembali dan coba koreksi rasa. Jika rasanya sudah sempurna, tunggu beberapa menit hingga bumbu menyatu dengan nangka muda lalu angkat. Agar lebih terasa gurih, beri taburan bawang goreng diatasnya.

2. Lontong Sayur Nangka



Kamu bisa membuat olahan sayur nangka yang dipadukan dengan lontong. Siapkan santan encer, lontong, santan kental, nangka muda yang sudah direbus, bumbu kari, kacang panjang, bumbu kuning, daun jeruk, daun salam, gula merah, penyedap dan garam.

Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, masak santan encer hingga mendidih. Setelah itu, masukkan nangka muda yang tadi sudah direbus, daun salam, gula merah, dan daun jeruk. Tunggu hingga mendidih lalu masukkan bumbu kuning dan bumbu kari yang sudah disiapkan sebelumnya.
banner consideration promotion bg blue

Jika nangka sudah empuk, masukkan kacang panjang bersamaan dengan santan kental. Beri penyedap dan garam, aduk lagi hingga mendidih dan santan tidak pecah. Beri tambahan bawang goreng sebagai toping. Angkat jika sudah matang dan sajikan dalam keadaan hangat.

3. Sayur Nangka Pedas



Untuk pecinta pedas, kamu bisa menggunakan resep yang satu ini. Siapkan nangka yang sudah dicacah kecil-kecil, bawang putih, penyedap, kemiri, bawang merah, ketumbar bubuk, garam, minyak goreng, dan cabai rawit.

Rebus dulu nangka yang sudah dicacah selama kurang lebih 10 menit, angkat dan tiriskan jika sudah matang. Haluskan cabai rawit, bawang merah, kemiri, ketumbar, dan bawang putih. Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan nangka dan tambahkan air secukupnya. Jika sudah mendidih, masukkan santan dan aduk hingga merata agar santan tidak pecah.

Beri garam dan penyedap secukupnya, jangan lupa untuk koreksi rasa. Jika rasanya sudah tepat, masak kembali hingga air agak menyusut. Tunggu hingga matang, angkat dan sajikan bersama dengan nasi hangat.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar resep sayur nangka yang bisa kamu coba buat di rumah. Berbagai resep ini bisa jadi variasi kreasi sayur nangka yang praktis dan juga lezat. Namun, meski nangka memiliki banyak kandungan nutrisi yang dikenal baik untuk tubuh, sebaiknya tetap mengkonsumsi hidangan bersantan ini dalam porsi yang wajar ya Lemonizen. Imbangi juga dengan asupan gizi lainnya agar kesehatan tubuh seimbang dan tetap terjaga!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.