Wajib Tahu, 10 Manfaat Buah Alpukat yang Kaya Akan Vitamin

30 Jun 2020 @ 17:30:11
Jika kamu ingin memulai gaya hidup yang sehat kamu bisa mulai dengan konsumsi alpukat. Buah super ini tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki manfaat gizi dan kesehatan bagi jantung, mata. Simak manfaat buah alpukat yang wajib kamu tahu berikut ini. 

1. Bagus Untuk Kesehatan Jantung



Alpukat mengandung bahan kimia tanaman beta-sitosterol yang membantu menjaga kadar kolesterol sehat. Lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh terdapat pada buah ini. Menurut American Heart Association, ketika lemak tak jenuh tunggal dimakan dalam jumlah sedang  dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL).

2. Membuat Mata Sehat



Karotenoid lutein dan zeaxanthin juga ditemukan dalam buah ini. Keduanya telah terbukti bisa menjaga mata tetap sehat seiring bertambahnya usia. Selain itu juga dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, penyebab utama hilangnya penglihatan seiring bertambahnya usia.

3. Baik Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan



Alpukat mengandung 3,5 gram lemak tak jenuh per 1 ons penyajian (sekitar 1/5 alpukat). Penelitian telah menunjukkan bahwa lemak tak jenuh penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf pusat dan otak anak-anak.

4. Menjaga Tekanan Darah



Alpukat bebas dari natrium dan direkomendasikan untuk kamu yang menjalankan program penurunan tekanan darah. Buah ini juga memiliki jumlah kalium yang baik yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.  Penelitian telah menemukan bahwa ketika alpukat dimakan bisa dijadikan sebagai pengganti lemak lain (seperti mentega dan mayo). Alpukat dapat membantu mengontrol tekanan darah.

5. Bagus Untuk Penurunan Berat Badan



Manfaat buah alpukat yang selanjutnya adalah bagus untuk program diet. Buah ini mengandung lemak sehat dan bisa membantu kamu agar kenyang dalam waktu yang lama. Selain itu, kandungan buah alpukat yang baik untuk program diet adalah 20 vitamin, mineral, dan fitonutrien. Nutrisi ini bermanfaat jika kamu ingin mencoba mengurangi kalori dalam tubuh kamu.

6. Kepadatan Nutrisi



Alpukat kaya akan nutrisi dan buah ini mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian seperti vitamin, mineral, antioksidan dan nutrisi lain. Keunggulan buah ini adalah memiliki kalori yang jauh lebih sedikit daripada makanan lainnya. 
Diperkirakan bahwa satu alpukat mengandung nutrisi utama seperti protein, karbohidrat dan lemak. Jadi, dengan makan setengah atau satu alpukat sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan makanan sehat.

7. Bebas Gula



Alpukat bebas gula dan juga tidak mengandung kolesterol atau natrium. Asupan gula yang rendah dapat membantu mengurangi konsumsi energi yang berlebihan. Kelebihan gula merupakan faktor risiko bagi berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung koroner. 

8. Menjadi Pasokan Vitamin



Alpukat memasok sejumlah vitamin dan mineral penting. Dan kandungan lemaknya yang tinggi juga membantu meningkatkan penyerapan usus vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K. Semua nutrisi ini  memainkan peran vital dalam kesehatan dan penyembuhan.

9. Makanan Pendamping Bayi



Manfaat buah alpukat lainnya adalah dapat menjadi makanan pendamping bagi bayi. Rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut cocok untuk bayi yang sedang disapih. Kandungan serat juga membantu mencegah sembelit. Kandungan lemak yang tinggi membantu mempertahankan tingkat pertumbuhan yang bagus pada bayi.

10. Bagus Untuk Kesehatan Usus



Alpukat menjadi sumber serat makanan yang bisa meningkatkan motilitas usus dan pergerakan usus yang tepat. Makanan kaya serat ini juga bisa mencegah diabetes dan obesitas. Satu alpukat sedang dapat memasok sepertiga dari kebutuhan serat harian dengan sendirinya.

Itulah daftar manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Dengan rutin makan buah alpukat kamu bisa mencukupi segala kebutuhan nutrisi harian kamu. Semoga informasinya membantu dan jangan lupa konsumsi alpukat ya! 


Artikel Terkait

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui
Inilah berbagai manfaat daun bidara yang harus kamu tahu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka
Ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan luka..
Rizki Indra
17 September 2020