Wajib Tahu, 5 Manfaat Minum Kopi Pahit Untuk Kesehatan Kamu

15 Mei 2020 @ 06:01:20
Minuman hitam pekat dengan cita rasa khas ini menjadi salah idaman bagi sebagian banyak orang. Selain itu, aroma khas kopi ternyata bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan stress. Di samping itu semua, ternyata banyak orang yang tidak tahu apa saja manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat minum kopi pahit untuk kesehatan kamu?

5 Manfaat Minum Kopi Pahit untuk Kesehatan Kamu


1. Melawan Kanker



Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kopi dapat melawan risiko kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut, dan kanker kerongkongan. Kandungan senyawa kimia yang memiliki sifat anti-inflamasi dan juga antioksidan aktif seperti methylpyridinium di dalamnya lah yang mampu meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan risiko kanker. Bahkan, kopi jenis espresso diyakini memiliki dua sampai tiga kali lipat jumlah senyawa antikanker yang dapat melindungi tubuhmu.

2. Menurunkan Risiko Demensia (Pikun)



Tanpa disadari, seringnya berinteraksi menggunakan gadget bisa membuat orang terkena alzheimer. Atau penyakit pikun yang bisa saja menyerang usia dini. Dengan mengonsumsi kopi, risiko demensia atau pikun ini bisa dicegah. Sebuah survei yang dilakukan di Denmark terhadap 1400 orang dewasa mengungkapkan bahwa, mereka yang minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari, 65% lebih rendah terkena risiko demensia dibandingkan dengan yang hanya mengonsumsi dua cangkir atau tidak sama sekali.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam biji kopi mampu bekerja mengurangi bentuk demensia vaskular. Penelitian lain yang dilakukan pada hewan menyebutkan bahwa kafein yang terdapat dalam kopi mampu meningkatkan efisiensi penghalang darah ke otak. Selain itu, kafein juga mampu menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif dan bertindak juga meningkatkan energi yang bisa menambah semangatmu di pagi hari.

3. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe Dua



Sejumlah penelitian menyebutkan semakin sering kamu minum kopi tanpa gula, semakin kecil pula kemungkinan terkena risiko diabetes tipe dua. Pernyataan itu diperkuat oleh sebuah survei dari UCLA School of Public Health and Medicine yang mengatakan bahwa apabila wanita menopause minum empat cangkir kopi per hari, mampu menurunkan risiko diabetes tipe dua hingga 50%.

Manfaat kopi hitam yang mempunyai cita rasa pahit ini dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang penting untuk metabolisme tubuh. Serta mencegah hancurnya proses produksi sel insulin. Selain itu, kopi juga bisa meningkatkan kadar protein hormon seks yang mengikat globulin dalam darah, yang akhirnya dapat memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe dua pada orang yang kelainan genetik.

4. Melindung Tubuh dari Parkinson



Mungkin sebagian orang cukup asing dengan penyakit parkinson. Parkinson sendiri adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena gangguan pada otak, dimana sistem saraf pusat otak manusia mengalami kemunduran. Penyakit ini ditandai dengan ketidakteraturan pergerakan, kesulitan saat memulai pergerakan maupun kekuatan yang terasa pada otot.

Manfaat kopi sendiri dipercaya mampu meningkatkan sistem imun dari penyakit parkinson ini. Hal ini dikuatkan oleh sebuah penelitian yang menemukan gen GERIN 2A yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit parkinson.

5. Mencegah Depresi



Manfaat minum kopi pahit yang terakhir adalah bisa menyegarkan pikiran. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian ilmuwan di Harvard School of Public Health yang menyatakan bahwa jika orang yang minum empat cangkir kopi per hari memiliki risiko 20% lebih rendah mengalami depresi. Jadi, tidak heran lagi jika banyak orang yang menjadikan kopi sebagai pelariannya di kala banyak tugas kantor, maupun urusan asmara.

Itulah beberapa manfaat minum kopi pahit untuk kesehatan tubuh. Meskipun memiliki banyak manfaat, mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak juga tidak dianjurkan. Untuk itu, tetap jaga pola kebiasaan dan pola makanmu. Kamu juga tidak perlu bingung untuk mencari kopi kemasan dengan cita rasa cafe. Produk lemonilo, kini hadir untuk melengkapi harimu. Lemonilo Cold Brew Coffee bisa menjadi salah satu solusi ngopi mewah tapi murah ala rumah. Selamat mencoba ya Lemonizen!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020