Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Baik Carica, Buah Ajaib Asal Dieng

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat carica untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui.

Pernah mendengar buah carica? Carica adalah buah asli Indonesia yang tumbuh di dataran tinggi Dieng. Sekilas buah ini nampak seperti pepaya mini. Bagi masyarakat Dieng, manfaat carica telah cukup dikenal, bahkan buah ini mendapat julukan sebagai buah dewa.


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa di dalam 100 gram buah carica, terkandung sekitar 65 miligram vitamin C, 1.700 milligram vitamin A, juga kalsium, besi dan fosfor dalam jumlah yang memadai dan bermanfaat bagi tubuh manusia.


Carica tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga sangat berguna bagi kesehatan mata dan kulit. Carica mengandung nutrisi yang tinggi seperti protein, kalsium, serat, vitamin A, E, C, B1, dan sebagainya.


Berikut adalah 5 khasiat buah carica bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Mata


Carica memiliki kandungan vitamin A sekitar 1.700 mg per 100 gram buah. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kelembaban sehingga mata tidak mengalami kekeringan, gatal, dan infeksi. Meski jumlah vitamin A pada carica tidak sebanyak wortel, tetapi kandungannya cukup  untuk memenuhi mineral harian tubuh manusia.

2. Cegah Sulit Buang Air Besar


Carica memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga berguna untuk melancarkan proses pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dapat menambah tingkat cairan di dalam feses, sehingga melancarkan proses pembuangan. Serat ini juga bermanfaat dalam proses penyerapan protein dalam tubuh.


Buah carica ini mengandung zat anti-bakteri yang berguna untuk melawan bakteri penyebab infeksi pada usus. Mengonsumsinya secara teratur dapat membuat seseorang terhindar masalah pencernaan. Hal ini disebabkan karena carica mengandung enzim papain yang dapat membantu menetralkan pH di dalam usus.

3. Bermanfaat Sebagai Skin Care Alami


Kandungan vitamin C dan E di dalam carica sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C berguna untuk menangkal radikal bebas seperti debu, polusi udara, dan sinar UV. Vitamin C di dalam buah carica akan merangsang pembentukan kolagen di dalam kulit. Kolagen ini berguna untuk mencegah kerutan dan menjaga elastisitas kulit.


Hampir sama dengan manfaat vitamin C, kandungan vitamin E di dalam carica akan membantu menjaga kelembaban pada kulit. Vitamin E dapat mencegah penuaan dini, seperti garis halus, garis senyum, atau kerutan. Selain raijin mengonsumsi, masyarakat telah banyak memanfaatkan buah ini dalam bentuk masker wajah untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

4. Menjaga Metabolisme di Dalam Tubuh


Buah carica juga dinilai dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan nutrisi seperti serat, kalsium, dan vitamin yang dapat melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh. Tubuh tidak mudah terserang bakteri dan virus sehingga kuat dan tidak mudah sakit. Kamu dapat melakukan aktivitas dengan penuh semangat karena tubuh akan mengubah vitamin B12 dari buah carica menjadi sumber energi.

5. Membantu Aktivitas Diet


Buah carica kaya akan serat dan sangat bagus buat seseorang yang sedang melakukan diet. Mengonsumsi buah ini sebelum jam makan dapat mencegah keinginan untuk makan cemilan yang tidak sehat. Hal ini disebabkan karena buah carica mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama.


Demikianlah beberapa manfaat carica bagi kesehatan yang bisa dijelaskan. Popularitas carica yang semakin tinggi di masyarakat pada akhirnya memberi manfaat untuk menambah pemasukan warga yang tinggal di sekitar Dieng.


Berbagai variasi olahan carica kini bisa kamu nikmati. Masyarakat sekitar biasanya mengolah buah ini menjadi manisan yang segar atau bisa diolah menjadi sirup dan selai yang sangat manis serta memiliki aroma yang wangi.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.