Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Wajib Tahu Manfaat Bawang Hitam yang Baik untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Oct 2020
Clock Icon
4 menit
manfaat bawang hitam
Mungkin terdengar asing jika ada yang menyebutkan istilah “bawang hitam” karena kita familiar dengan bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Bawang hitam sendiri adalah hasil fermentasi atau pengawetan bawang putih pada suhu 60-76 oC  selama tiga sampai empat minggu. Di balik “keasingan” istilah bawang hitam, faktanya tersimpan segudang manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat bawang hitam?
banner consideration shipping bg blue

1. Kaya Antioksidan



Faktanya, kandungan antioksidan bawang hitam jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bawang putih segar biasanya. Antioksidan ini sendiri adalah senyawa yang sangat penting bagi tubuh karena dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah zat berbahaya yang bisa saja menimbulkan berbagai penyakit mematikan, seperti kanker.

Manfaat bawang hitam yang diperoleh dari kandungan antioksidan di dalamnya ini mampu mencegah stres oksidatif dan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan ini juga mampu mengurangi peradangan.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung



Tidak hanya bawang putih yang berkhasiat meningkatkan kesehatan jantung, nyatanya hasil dari proses fermentasi pada bawang hitam memiliki khasiat yang sama. Efek kardioprotektif yang ditemukan di dalam bawang hitam bermanfaat untuk melindungi jantung dan meminimalisir kerusakan yang ada pada jantung.

Tidak hanya itu, bawang hitam juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Seperti yang kita ketahui sendiri, penyakit jantung merupakan salah stau penyakit dengan angka kematian tertinggi. Untuk itu, jangan sampai menyepelekan penyakit ini.

3. Menstabilkan Gula Darah



Manfaat bawang hitam selanjutnya bisa dirasakan bagi penderita gula darah. Tingginya gula darah dapat menimbulkan berbagai efek pada kesehatan, seperti mendatangkan penyakit diabetes maupun  disfungsi ginjal.  Tetapi kamu tidak perlu khawatir lagi, pasalnya bawang hitam mempunyai khasiat untuk membantu menstabilkan kadar gula darah agar tetap normal sehingga terhindar dari masalah tersebut. 
banner consideration promotion bg blue

Tidak hanya itu saja, kandungan yang didapatkan dari bawang hitam dipercaya bisa mencegah komplikasi diabetes karena kadar antioksidannya yang tinggi, bahkan jauh lebih tinggi melebihi kandungan antioksidan pada bawang putih biasa.

4. Menjaga Kesehatan Hati



Hati merupakan salah satu organ yang berperan penting terhadap berbagai pembuangan racun yang masuk ke dalam tubuh. oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan hati agar racun-racun dalam tubuh bisa dihancurkan dan dikeluarkan dengan baik.

Manfaat bawang hitam dalam hal ini adalah bisa menjaga kesehatan hati. Hal ini karena bawang hitam mengandung berbagai senyawa yang bisa mengobati kerusakan hati dan meningkatkan metabolisme hati. Tidak hanya itu bawang hitam juga bisa menurunkan kadar lemak di hati.

5. Melindungi Sel-Sel Otak



Tahukah kamu, bahwa MSG alias monosodium glutamat yang sering dijadikan penyedap rasa dalam masakan pada beberapa penelitian bisa merusak sel-sel otak? Hal ini jika dibiarkan dalam jangka panjang tentunya akan menghambat perkembangan otak. Apalagi untuk si kecil yang sedang dalam tahapan tumbuh dan berkembang. Mengkonsumsi MSG terlalu banyak tidak baik untuk perkembangan otaknya.

Untuk mengatasi hal tersebut, bawang hitam bisa melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat asupan MSG. Sel-sel otak yang terjaga juga akan meningkatkan kecerdasan seseorang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu menjadikan bawang hitam sebagai penyedap rasa alami. Dengan begitu penggunaan MSG bisa lebih diminimalisir, dan tubuh menjadi lebih sehat. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima manfaat bawang hitam untuk tubuh.  Bawang hitam memang memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Tidak kalah dengan bawang putih pada umumnya. Oleh karena itu, yuk mulai konsumsi jenis bawang hitam ini mulai sekarang! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.