Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Wajib Tahu Manfaat Jengkol dan Cara Pengolahannya

Rizki Indra
Rizki Indra
26 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Wajib Tahu Manfaat Jengkol dan Cara Pengolahannya
Jengkol merupakan salah satu jenis makanan kesukaan masyarakat Indonesia yang masih kerabat dengan keluarga pete. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Archidendron pauciflorum ini, memang memiliki bau yang menyengat. Meskipun demikian, jengkol menawarkan cita rasa yang lezat dan bisa menjadi campuran dalam hidangan masakan. Tahukah kamu, ternyata jengkol menawarkan segudang khasiat untuk tubuh. Apa saja manfaat jengkol?

1. Mencegah Anemia




Jengkol kaya akan zat besi yang sangat berperan penting untuk mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Hal ini pastinya sangat baik untuk kamu yang menderita anemia, atau suatu penyakit dimana tubuh kekurangan produksi sel darah merah. Hal ini akan mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh juga akan berkurang, sehingga menjadikan mereka yang anemia seringkali merasa lemah, lesu, lelah, dalam beraktivitas.

Untuk mencegah anemia, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi jengkol. Tidak hanya itu, bagi kamu yang tengah mengalami menstruasi, tidak ada salahnya juga mengkonsumsi jengkol untuk agar tubuh tidak kekurangan zat besi karena jumlah darah menstruasi keluar dari tubuh.

2. Menyehatkan Jantung



Manfaat jengkol selanjutnya adalah dapat menyehatkan jantungmu. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam jengkol bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Untuk itu, kamu bisa mengolah jengkol dan menambahkannya ke dalam beberapa menu masakan.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam jengkol bisa melindungi tubuh dari racun yang mengancam dan membahayakan jantung. Seperti yang kita tahu, jantung adalah organ utama yang memompa darah ke dalam seluruh tubuh. Jika segala hal yang menghambat aliran darah pada pembuluh darah, maka peredaran akan lebih lancar dan membuat jantung akan berkerja secara optimal.

3. Mematikan Bakteri Jahat



Manfaat jengkol lainnya adalah seperti yang diungkapkan dalam sebuah penelitian, bahwa makanan yang satu ini bisa membasmi bakteri jahat yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Apalagi di era pandemi seperti ini. banyak sekali ancaman bakteri maupun virus jahat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi jengkol untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap bakteri.

Bakteri-bakteri jahat itu seperti Escherichia coli (diare), Streptococcus mutans (dapat mengakibatkan pengeroposan gigi), Staphylococcus aureus (pneumonia). Tidak hanya itu, ternyata ekstrak kulit jengkol juga bisa dimanfaatkan dan memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan Shigella dysenteriae (diare akut) dan Salmonella typhimurium (gastroenteritis). Manfaat jengkol tersebut bisa didapat dari kandungan flavonoid dan tanin yang terdapat dalam jengkol.

4. Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah



Manfaat jengkol selanjutnya sangat bersahabat baik bagi kamu yang mengalami penderita jantung. Seseorang yang menderita penyakit jantung sendiri mengalami penyempitan pembuluh darah adalah dapat melancarkan melancarkan peredaran darh ke jantung.

Hal ini didapatkan karena kandungan mineral yang terdapat di dalam jengkol sehingga dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit dan mencegah pembuluh darah menyempit kembali.  Untuk mendapatkan manfaat jengkol yang satu ini, sebaiknya jangan memasak jengkol terlalu matang.

5. Menstabilkan Organ Vital dalam Tubuh



Kebutuhan asam folat dan vitamin B6 sangat penting untuk kestabilan organ dalam tubuh. Situasi ini pastinya akan berbeda jika tubuh kekurangan asam folat dan vitamin B6. Tidak heran jika seorang ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat untuk perkembangan janin yang dikandungnya.

Jengkol sendiri merupakan makanan yang mengandung asam folat tinggi. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi jengkol. Meskipun demikian, tetap perhatikan jumlahnya, jangan sampai berlebihan. 

Itulah lima manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang sayang dilewatkan. Jengkol sendiri merupakan makanan yang bisa diolah menjadi masakan lezat seperti semur jengkol. 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.