Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Wajib Tahu Manfaat Telor Bebek dan Cara Olahannya yang Benar Bagi Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Wajib Tahu Manfaat Telor Bebek dan Cara Olahannya yang Benar Bagi Kesehatan Tubuh
Telor bebek kerap sekali dijadikan telor asin bagi masyarakat. telor ini sebetulnya sama dengan telor ayam biasa. Bedanya, telor asin dibuat dari telor bebek yang diolah dalam keadaan utuh dengan cara diasinkan agar bisa lebih awet ketika disimpan.  Tidak hanya menambah cita rasa makanan, faktanya telor ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat telor bebek?

1. Menjaga Kesehatan Saraf



Manfaat telor bebek yang pertama adalah khasiatnya dalam menjaga kesehatan saraf. Hal ini karena di dalam telor bebek terdapat vitamin B12 dan juga kolin. Kolin sendiri adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membantu sistem saraf berkomunikasi dengan lancar.

Sementara itu, vitamin B12 dalam telor bebek bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit saraf seperti kesulitan mengingat, ketidakseimbangan tubuh, dan rasa cepat lelah. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anak yang dalam proses perkembangan diberikan telor bebek untuk meningkatkan daya ingatnya dan menjaga kesehatan saraf motoriknya.

2. Menyehatkan Tulang dan Gigi



Tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan saraf, nyatanya telor bebek ini juga bisa menyehatkan tulang dan gigi. Hal ini sudah dibuktikan berdasarkan studi oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry pada 2015. Studi ini menyebutkan bahwa kandungan kandungan peptida pada putih telor bebek dapat mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh.

Kalsium sendiri adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan otot sekaligus menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bagi ibu hamil sendiri, tidak ada salahnya jika ingin mengkonsumsi telor asin. Karena hal ini secara tidak langsung bisa membantu pembentukan tulang pada janin yang dikandungnya.

3. Menangkal Radikal Bebas



Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, bisa menyebabkan tubuh rentan sekali terkena penyakit. Apalagi di era pandemi seperti ini. Tubuh membutuhkan banyak asupan bergizi yang dapat menangkal radikal bebas. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi telor bebek.

Kandungan antioksidan, ternyata dapat ditemui juga pada telor bebek. Kandungan inilah yang bisa menangkal radikal bebas yang dipercaya merupakan biang kerok dari berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit neurodegeneratif. Kandungan antioksidan ini bisa ditemui dalam putih telur nya.

4. Menstabilkan Hormon



Selain ketiga manfaat telor bebek di atas, siapa sangka jika telor bebek ini bisa menstabilkan metabolisme hormon. Hal ini dapat terjadi karena di dalam telor bebek terdapat kandungan selenium. Kandungan selenium inilah yang  bisa menstabilkan hormon dan juga meningkatkan kesuburan sekaligus membantu menjaga kesehatan janin pada ibu hamil.

Tidak ada salahnya juga jika pasangan yang baru menikah rutin mengkonsumsi telor asin ini. Mengingat manfaat selenium yang terkandung di dalamnya, yang bisa meningkatkan kesuburan, sehingga memperlancar program hamil pasutri.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh



Manfaat telor bebek selanjutnya adalah kemampuannya yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena di dalamnya terdapat berbagai antioksidan yang bisa melawan tubuh dari radikal bebas. Tidak hanya itu, kandungan vitamin A juga bisa dijumpai pada telor bebek ini.

Sekitar 472 IU vitamin A dapat ditemukan pada telor bebek. Vitamin A ini sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, menangkal radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh serta menyehatkan gigi dan tulang.

Agar tubuh mendapatkan manfaat maksimal dari telor bebek, kita harus memperhatikan bagaimana cara mengolahnya. Tidak ada salahnya jika kamu membuatnya menjadi telor asin, agar lebih tahan lama.  Kamu bisa merendam telor bebek dengan garam NaCl selama kurang lebih 2-3 malam agar bisa mendapatkan telor asin berkualitas.

Inilah lima manfaat telor bebek bagi kesehatan serta saran pengolahan yang benar. Telor asin yang terbuat telor bebek memang memiliki berbagai tubuh. Tapi selalu ingat untuk mengolahnya dengan baik dan benar ya! 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.