Walaupun Rasanya Pahit, 5 Makanan Alami Cocok Jaga Kesehatanmu!

04 Sep 2018 @ 12:18:15
Untuk sukses dalam melakukan diet sehat, kamu tentu harus pintar-pintar dalam memilih makanan alami yang akan kamu konsumsi. Banyak ragam makanan alami yang cocok untuk membantu jaga kesehatan dan kebugaran tubuhmu dengan jumlah vitamin dan mineral yang tidak sedikit. Selain itu, beberapa jenis makanan alami juga diperkaya dengan kandungan antioksidan dan bakteri baik yang bantu cegah penyakit.

Biar begitu, banyak orang yang pilih-pilih dalam mengonsumsi makanan alami. Salah satu alasannya adalah rasa makanan tersebut yang pahit. Padahal, dibalik rasanya yang pahit, makanan alami tersebut mengandung banyak kandungan alami yang bantu cegah gangguan penyakit semisal kanker, hipertensi, diebetes, dan kolesterol. Inilah makanan alami yang punya rasa pahit tersebut!

1. Citrus Peel, Irisan Kulit Buah Sitrus yang Kaya Manfaat

Citrus Peel, Irisan Kulit Buah Sitrus yang Kaya Manfaat

Semua tentu tahu kalau rasa dari buah sitrus seperti jeruk, lemon, ataupun anggur adalah manis dengan sedikit sensasi asam di dalamnya. Namun, semua itu berbeda ketika kamu mengonsumsi kulit buah tersebut. Rasa pahit tentu dominan ketika kamu memakannya. Biar begitu, citrus peel atau kulit buah sitrus mengandung flavonoids, satu jenis antioksidan yang bantu cegah radikal bebas dan peradangan sel yang menyebabkan kanker. Selain flavonoids, citrus peel mengandung hesperidin dan narigin

2. Cocoa, Hasil Murni Dari Buah Cokelat yang Punya Rasa Pahit

Cocoa, Hasil Murni Dari Buah Cokelat yang Punya Rasa Pahit

Untuk kamu yang pernah merasakan cita rasa cocoa tentu mengerti bahwa cocoa mempunyai rasa yang sangat pahit jika tidak diberi pemanis. Cocoa terbuat dari biji cokelat alami yang dipanggang dan kemudian dilelehkan atau dibuat bubuk. Makanan alami ini biasanya dipadukan dengan gula kelapa, vanilla, atau cocoa butter untuk membuat cokelat. Dibalik rasanya yang pahit, cocoa mengandung polyphenols dan antioksidan yang mencegah terjadinya peradangan dan munculnya sel-sel kanker. Penelitian menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi cocoa mempunyai resiko 56% lebih kecil terhadap serangan jantung dan kepikunan daripada mereka yang tidak. 

3. Pare, Sayuran Pahit yang Nyatanya Kaya Akan Manfaat


Pare, Sayuran Pahit yang Nyatanya Kaya Akan Manfaat

Kamu tentu tahu soal pare, bukan? Sayuran yang satu ini memang terkenal dengan bentuk yang seperti mentimun dan rasanya yang pahit. Banyak orang enggan untuk mengonsumsi makanan yang sering disebut bitter melon ini karena rasanya yang tidak enak. Padahal, kalau dikonsumsi, pare bisa memberikan manfaat Phytochemicals berupa triterpenoids, polyphenols, dan flavonoids yang baik untuk mencegah kanker dan membantu menyehatkan jantung. Selain itu, sebuah studi mengatakan konsumsi 2000 mg pare bisa bantu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. 

4. Kopi, Makanan Alami yang Menjadi Salah Satu Minuman Paling Dicintai Di Muka Bumi

Kopi, Makanan Alami yang Menjadi Salah Satu Minuman Paling Dicintai Di Muka Bumi

Berbeda dengan jenis makanan atau minuman lainnya di atas, kopi justru menjadi salah satu minuman yang paling dicintai di muka bumi. Pahit atau manis, kopi tetap menjadi primadona bagi para pecinta kopi di seluruh dunia. Tak hanya itu, kopi disenangi karena memiliki manfaat yang baik untuk perkembangan tubuh. Kopi merupakan sumber antioksidan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, melindungi jantung, dan mencegah persebaran sel-sel kanker. Penelitian menyebutkan bahwa minum kopi 3-4 cangkir sehari mampu mengurangi resiko kematian akibat kanker, penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. 

5. Cruciferous Vegetables, Sayuran Alami Kaya Nutrisi, Namun Punya Rasa Pahit

Cruciferous Vegetables, Sayuran Alami Kaya Nutrisi, Namun Punya Rasa Pahit

Cruciferous Vegetables mengandung beragam jenis sayuran hijau seperti brokoli, Brussels sprouts, kobis (kol), kale, lobak, dan arugula. Jenis sayuran ini punya senyawa glucosinolates, yang memberikan rasa pahit di dalam sayuran ini. Walaupun pahit, jenis sayuran ini punya nutrisi yang menjamin kesehatan setiap orang yang mengonsumsinya. Beberapa penelitian dan data menghubungkan Cruciferous Vegetables dengan penyakit-penyakit berat semisal kanker dan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin dan antioksidan dalam sayuran ini yang cukup tinggi.