Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Walking Meditation Bisa Membantumu Atasi Cemas Berlebih

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
23 Nov 2020
Clock Icon
3 menit
Walking Meditation Bisa Membantumu Atasi Cemas Berlebih
Jalan kaki merupakan olahraga yang paling ringan dan murah. Selain untuk olahraga fisik, jalan kaki juga menjadi salah satu metode meditasi, lho

Walking meditation atau meditasi jalan kaki banyak digemari karena tidak membutuhkan peralatan khusus sehingga lebih praktis dan mudah. Sebelum membahas lebih lanjut, yuk kenali dulu teknik walking meditation dan berbagai manfaatnya untuk kesehatan!

Apa itu walking meditation?

Kamu bisa melakukan meditasi sambil duduk di teras, sambil memasak, atau sambil berjalan kaki. Bagi kamu yang masih pemula, walking meditation dinilai sangat tepat karena melibatkan aktivitas yang sangat akrab dengan kehidupan manusia, yakni berjalan kaki.

Perlu diingat bahwa walking meditation ini bukan sekadar jalan-jalan. Walking meditation merupakan latihan meditasi yang bertujuan untuk mencari ketenangan pikiran. Dikutip dari laman Mindworks, Thich Nhat Hanh, seorang guru meditasi dan aktivis perdamaian asal Vietnam, mengatakan bahwa saat kamu berjalan, bayangkan kamu sedang “mencetak kedamaian, ketenangan, dan kebahagiaan di tanah”.

Cara melakukan walking meditation

Meski tampak sederhana dan mudah, walking meditation tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada teknik khusus agar walking meditation yang kamu lakukan bisa mencapai manfaat yang optimal. Berikut adalah beberapa cara dan persiapan sebelum melakukan walking meditation:

1. Pilih tempat yang tepat

Carilah tempat di mana kamu bisa berjalan perlahan tanpa hambatan. Tempat tersebut harus damai dan tidak bising dengan kendaraan yang lalu lalang. Pastikan pula track untuk berjalan cukup datar sehingga kamu tidak perlu khawatir tersandung saat berjalan. 

Jika berjalan tidak memungkinkan, kamu bisa melakukan walking meditation di dalam ruangan. Alternatif ini cukup solutif karena kamu bisa lebih berkonsentrasi dan tidak akan terganggu oleh lingkungan sekiitar.

2. Mulai melakukan walking meditation

Setelah kamu menentukan tempat yang cocok, mulailah melakukan walking meditation. Sebelumnya, luangkan waktu untuk menarik napas dalam-dalam dan memusatkan perhatian pada tubuhmu. Rasakan kestabilan tanah dan perhatikan sensasi yang dirasakan tubuh. 

Setelah itu, mulailah berjalan perlahan. Saat melakukan walking meditation, arahkan perhatianmu pada gerakan kaki dan gerakan tubuh. Berjalanlah secara perlahan dan penuh perhatian. Jika kamu berputar atau berbelok, perhatikan posisi kaki dan sensasi yang dirasakannya. Sebaiknya, lakukan walking meditation selama 10 menit.

3. Pertahankan fokus saat berjalan

Ketika kamu memperhatikan sensasi fisik saat berjalan, perhatikan pula perasaan, pikiran, dan suasana hati. Tidak perlu menyangkal atau menolak, cukup perhatikan peristiwa yang muncul. 

Untuk melakukan hal tersebut, tentunya kamu harus bisa mempertahankan fokus selama berjalan. Sebagai tambahan, berjalanlah secara alami dengan hati terbuka. Ikuti arus dan jangan berjalan dengan kaku.

4. Perhatikan kecepatan dan postur

Kecepatan berjalan saat walking meditation seharusnya lambat hingga sangat lambat. Kamu bisa membiarkan tanganmu mengayun di samping tubuh. Otot kaki selama berjalan pun harus rileks agar bisa berjalan dengan nyaman dan alami. 

Pastikan postur tubuhmu tetap tegak dan sejajar. Tentu di awal terasa sulit namun dengan pembiasaan akan menjadi lebih mudah.

Manfaat walking meditation

Walking meditation memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi kesehatan fisik tetapi juga bagi kesehatan mental. Salah satu manfaat walking meditation adalah memperlancar peredaran darah.

Walking meditation membantumu mengalirkan darah, terutama menuju kaki. Dengan demikian, tubuhmu akan terasa lebih ringan karena aliran darah yang lancar.

Kemudian, walking meditation juga bisa mengurangi kecemasan. Dalam sebuah studi dari American Journal of Health Promotion, walking meditation dinilai efektif mengurangi kecemasan. Sementara itu,  berjalan biasa justru tidak memberikan banyak perubahan dalam mengatasi perasaan cemas.

Itulah beberapa hal yang penting mengenai walking meditation. Jika kamu sedang mencari teknik meditasi yang ringan namun membawa berbagai manfaat untuk fisik dan mental, cobalah melakukan walking meditation. Murah, mudah, dan tidak perlu peralatan khusus!
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.