Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Waspada 5 Bahaya Radiasi Hp Bagi Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Jan 2021
Clock Icon
4 menit
Bahaya radiasi hp penting diketahui sejak dini.
Di era yang serba digital seperti sekarang ini, tidak heran jika Hp atau smartphone selalu melekat di kehidupan sehari-hari. Meski sangat berguna, radiasi yang ditimbulkan lewat layar Hp dapat memberi dampak buruk bagi tubuh. Ponsel memiliki gelombang elektromagnetik berjenis radiasi non ionisasi berskala rendah dibawah 1,6 watt/kg.
banner consideration shipping bg blue

Kadarnya memang tidak terlalu tinggi dan masih aman jika digunakan sehari-hari, namun jika dipakai tanpa ingat waktu, radiasi yang dipancarkan akan membawa pengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut bahaya radiasi Hp yang perlu kamu waspadai.

1. Insomnia atau Gangguan Tidur



Tahukah kamu, menggunakan Hp secara berlebihan dapat menyebabkan tidur terganggu atau lebih tepatnya insomnia berkepanjangan. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak anak yang juga kecanduan memainkan ponsel tanpa ingat waktu. Penggunaan aplikasi pada ponsel dapat menimbulkan rasa gelisah, panic, dan akhirnya berimbas pada jam tidur yang tidak teratur.

Kalangan remaja biasanya paling banyak mengalami hal seperti ini. Jika tidak dihentikan, gangguan tidur yang semula hanya biasa saja bisa berubah menjadi penyakit insomnia berkepanjangan yang sulit untuk dihilangkan. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari hal ini adalah dengan tidak mengoperasikan Hp saat akan tidur, meletakkan Hp jauh dari tempat tidur agar tidak tergiur untuk memainkannya, dan minum air putih sebelum tidur.

2. Otak Akan Mengalami Kerusakan



Bahaya yang kedua ini paling banyak disebutkan jika berbicara tentang dampak buruk bermain ponsel terlalu lama. Gelombang elektromagnetik yang ada pada ponsel memiliki kandungan radiasi yang mampu menembus ruang hampa hingga jaringan otak secara tegak lurus.

Jika gelombang ini secara terus menerus menembusnya dapat menyebabkan glikoma yang memicu munculnya sel otak akustik neuroma. Radiasi Hp yang berimbas pada otak ini mempercepat pertumbuhan neoplasma dari sel-sel yang tidak seharusnya berubah menjadi sel kanker aktif pada otak.

3. Membuat Tubuh Mudah Lelah



Sebagian besar pecandu ponsel pasti mengalami keadaan dimana tubuh menjadi lebih mudah lelah dan sakit kepala dalam waktu yang lama serta berulang-ulang. Radiasi yang dipancarkan oleh Hp dapat menyebabkan sarah yang ada di bagian kepala dan wajah menjadi tidak rileks atau tegang.
banner consideration promotion bg blue

Aliran pada darah juga akan menjadi terhambat dan tidak lancar sehingga cairan yang dibutuhkan oleh tubuh menjadi berkurang. Kondisi seperti ini membuat tubuh menjadi cepat lelah dan kekurangan energi.

4. Sakit Kepala Berkepanjangan dan Berulang



Sering meletakkan ponsel di dekat kepala saat sedang tidur? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini karena dapat menyebabkan terkumpulnya energy negatif RF yang mudah masuk ke dalam otak. Jika energi ini masuk secara berlebihan, seseorang dapat mengalami keadaan seperti sakit kepala hingga muntah-muntah.

Tubuh akan terasa semakin tidak nyaman dan keadaan sekitar seperti berputar-putar. Bukan hanya sesekali, keadaan ini bisa terus berlanjut dalam waktu yang cukup lama jika terus-menerus terkena radiasi ponsel dalam waktu yang lama.

5. Memiliki Potensi Terkena Alzheimer di Masa Tua



Alzheimer adalah salah satu penyakit yang menyerang otak dan mengakibatkan penurunan kemampuan berpikir, daya ingat, bicara, hingga perubahan perilaku yang terjadi secara bertahap. Umumnya, Alzheimer ini menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia.

Penggunaan ponsel selama berjam-jam setiap harinya dapat menyebabkan serangan radiasi yang masuk pada bagian rongga telinga lalu menyebar ke jaringan otak. Bukan jaringan otak luar, penyerangan bisa sampai pada bagian jaringan otak dalam yang menyebabkan seseorang menjadi linglung dan sering lupa. Kondisi ini bisa mengarah pada penyakit Alzheimer jika tidak segera diatasi.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar bahaya radiasi Hp yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Mengingat banyaknya bahaya jika menggunakan Hp secara berlebihan, sebaiknya tentukan batasan penggunaan ponsel setiap harinya ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.