Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Waspada 9 Penyakit yang Mengintai Akibat Kebiasaan Begadang

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
22 Mar 2021
Clock Icon
6 menit
Penyakit di balik begadang

Seperti makan, tidur juga menjadi hal penting yang harus selalu diperhatikan lho, Lemonizen. Idealnya orang dewasa membutuhkan tidur antara 7-9 jam dalam satu hari. Namun karena banyaknya aktivitas yang dijalani, seringkali kebutuhan tidur tidak dicukupi hingga akhirnya memiliki kebiasaan begadang. 

banner consideration shipping bg blue


Kebiasaan begadang tidaklah baik untuk kesehatan tubuh baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Bahkan ada berbagai penyakit yang bisa mengintai di balik kebiasaan begadang. Apa saja bahaya di balik begadang? Simak penjelasannya di bawah ini ya! 


1. Penyakit Jantung


Begadang dapat mengganggu sistem dan imunitas tubuh sehingga tubuh rentan terkena penyakit kronis. Termasuk penyakit jantung. Hal ini dapat terjadi karena sistem daya tahan tubuh seharusnya berperan memproduksi senyawa antibodi saat tidur. Namun ketika begadang produksi ini akan terganggu. 

2. Obesitas dan diabetes


Penyakit lainnya yang dapat menghantui kamu ketika punya kebiasaan begadang adalah obesitas. Obesitas dapat terjadi karena begadang identik dengan makan berlebihan serta rasa malas untuk berolahraga di keesokan harinya. 


Hal ini juga ada kaitannya dengan produksi hormon leptin dan ghrelin yang bisa memberikan pengaruh rasa lapar pada tubuh. Dalam kondisi yang sudah lebih parah, obesitas pun seringkali berkembang menjadi penyakit diabetes. 


 3. Penyakit Stroke


Begadang juga jadi penyebab gangguan pada pembuluh darah di tubuh. Ketika sering begadang, pembuluh darah tidak dapat berfungsi normal dan cenderung berkembang menjadi penyakit stroke. Perlu dicatat, penyakit ini tidak hanya menghantui lansia, tetapi juga anak muda dengan gaya hidup yang kurang baik. 


4. Gangguan Produksi Hormon


Tubuh manusia sudah memiliki waktu tertentu untuk memproduksi hormon. Misalnya hormon testosteron. Produksi hormon yang satu ini membutuhkan waktu sedikitnya 3 jam dalam tidur. Bila kamu sering begadang dan melewati jam tidur yang ideal, produksi hormon testosteron pun akan terganggu. 

banner consideration promotion bg blue


Padahal di masa pertumbuhan, produksi hormon dalam tubuh sangatlah penting untuk membangun massa otot dan membentuk tubuh. Ketika sering begadang, tubuh bisa mengalami berbagai hambatan saat masa pertumbuhan. 


5. Kulit yang Kendur


Baik pada pria maupun wanita, begadang juga bisa merusak penampilan kulit terutama di bagian bawah mata. Kantung mata akan lebih cepat menghitam dan terlihat kendur. Begadang juga dapat membuat kulit lebih cepat menua, karena garis-garis halus dan kerutan akan lebih mudah muncul. Hal ini juga disebabkan oleh gangguan produksi kolagen kulit serta produksi hormon kortisol yang meningkat. 


6. Menurunnya Gairah Seks


Penyakit akibat begadang lainnya adalah penurunan gairah seks. Kondisi ini bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Akibat begadang biasanya timbul rasa kantuk, ketidaktertarikan pada hubungan seksual serta terbatasnya energi dalam tubuh. Bahkan melalui penelitian ditemukan bahwa pria yang punya kebiasaan begadang memiliki kadar hormon testosteron yang rendah. 


7. Infeksi Saluran Pernapasan


Begadang juga membuat tubuh rentan mengalami infeksi pada saluran pernapasan. Ketika tubuh kurang tidur, kamu lebih mudah terkena pilek atau serangan virus lain yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Bila kamu memiliki penyakit paru-paru kronis, kebiasaan begadang juga bisa memperburuk penyakitmu. 

 

8. Mudah lupa 


Pusat informasi di dalam tubuh adalah sistem saraf pusat yang ada di otak. Salah satu cara menjaga otak tetap sehat dan bekerja dengan baik adalah dengan menjaga pola tidur yang ideal.
Terlalu sering begadang dapat mengganggu kemampuan otak dalam berkonsentrasi serta berpikir. Kondisi ini nantinya dapat memicu gangguan ingatan baik dalam jangka pendek dan jangka panjang. 


9. Gangguan Kesehatan Mental

 

Kebiasaan begadang juga dapat memicu gangguan kesehatan mental seseorang karena otak tidak dapat berkonsentrasi dengan baik dan bekerja secara benar. Gangguan kesehatan mental yang mungkin muncul akibat kebiasaan begadang pun cukup beragam. Mulai dari gangguan kecemasan, depresi, pikiran yang impulsif hingga pemikiran untuk bunuh diri.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Bila kamu memiliki kebiasaan begadang, sebaiknya jangan dibiarkan ya, Lemonizen. Konsultasikan kondisi kamu kepada dokter dan lakukan perubahan kebiasaan gaya hidup sejak dini. Meski terdengar sederhana, begadang dapat memengaruhi kesehatanmu dan berperan besar. Selain itu, buatlah suasana kamar tidur yang  lebih nyaman agar tidur lebih berkualitas.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.