Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Waspada, Ini 7 Gejala Penyakit Jantung yang Sering Nggak Disadari

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
24 Feb 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak gejala penyakit jantung yang sering diabaikan.

Penyakit jantung merupakan penyakit kronis yang perlu dicegah sejak dini.Salah satu faktor risikonya adalah darah tinggi. Sehingga pemilik penyakit darah tinggi perlu lebih berhati-hati. Gejala awal penyakit jantung seringkali diabaikan.

Bahkan masih banyak orang yang mengira bahwa satu-satunya gejala penyakit jantung adalah rasa sakit di bagian dada. Padahal, beberapa gejala penyakit jantung justru tidak muncul di bagian dada. banner consideration shipping bg blue

Dirangkum dari WebMD dan British Heart Foundation, berikut adalah 7 gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai:

1. Kelelahan Ekstrem

Kelelahan memang kondisi yang umum dirasakan tubuh usai melakukan banyak aktivitas. Namun, bila rasa lelah terasa ekstrem, bisa menjadi pertanda penyakit lho. Salah satunya adalah penyakit jantung.

“Banyak pasien saya mengatakan bahwa mereka lelah. Apakah mereka mengalami gagal jantung, apakah mereka menderita angina, itu sulit diidentifikasi karena sangat tidak spesifik,” ujar David Newby, Profesor Kardiologi British Heart Foundation John Wheatley di Universitas Edinburgh.

Jika sering mengalami kelelahan yang ekstrem dan memiliki faktor-faktor pemicu penyakit jantung, seperti kelebihan berat badan dan penyakit darah tinggi, segera konsultasikan dengan dokter.

2. Gangguan Pencernaan

Charles Chambers, Direktur Cardiac Catheterization Laboratory Penn State Hershey Heart and Vascular Institute, mengatakan bahwa beberapa orang mengalami mual, mulas, dan sakit perut selama serangan jantung.

Menurutnya, perempuan lebih mungkin mengalami gejala ini sebagai pertanda penyakit jantung bila dibandingkan dengan laki-laki.

Jika kamu merasa memiliki faktor pemicu risiko penyakit jantung dan mengalami gejala mual, mulas, sakit perut, segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

3. Pergelangan Kaki Membengkak

Newby juga memperingatkan bahwa gejala lainnya berupa kaki yang membengkak tidak boleh diabaikan. Meski tampak sepele, kaki yang membengkak bisa menjadi tanda penyakit gagal jantung.

“Ini tidak boleh diabaikan, terutama jika pergelangan kaki menjadi sangat besar karena dapat menjadi pertanda gagal jantung,” kata Newby.banner consideration promotion bg blue

Meski demikian, kaki yang membengkak juga dapat disebabkan hal lain. Misalnya, efek dari obat tekanan darah dapat menyebabkan bengkak di pergelangan kaki.

4. Pusing atau Pening


Banyak hal yang menjadi penyebab sakit kepala atau pusing, bisa jadi kurang istirahat atau karena makanan yang dikonsumsi.

Namun, jika tiba-tiba merasa pusing, tidak nyaman, dan sesak napas, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan.

“Ini bisa berarti tekanan darah yang turun karena jantung tidak memompa sebagaimana mestinya,” kata Vincent Bufalino, Juru Bicara American Heart Association.

5. Lengan Terasa Nyeri

Mungkin banyak yang tidak mengira bahwa nyeri di bagian lengan bisa menjadi tanda penyakit jantung.“Jika rasa sakit turun ke lengan, terutama lengan kiri atau ke leher yang membuatnya lebih mungkin berhubungan dengan jantung daripada gangguan pencernaan,” jelas Newby.

Newby juga menyarankan, jika kamu merasa nyeri di lengan tak kunjung membaik atau bahkan memburuk, segera periksakan diri ke dokter.

6. Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan atau sakit di bagian rahang mungkin tidak langsung berhubungan dengan jantung. Bisa jadi ini merupakan gejala penyakit sinus atau flu.

Namun, nyeri atau merasakan tekanan di bagian tengah dada yang menyebar hingga tenggorokan dan rahang, bisa jadi pertanda serangan jantung.

7. Nyeri Dada

Nyeri dada merupakan gejala klasik dari serangan jantung. Meski demikian, masih banyak yang tidak menyadari bahwa ini bisa menjadi kondisi darurat medis.

Newby mengatakan, jika mengalami nyeri dada dan tubuh terasa sakit, segera kunjungi dokter untuk memeriksakan diri.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

“Jika itu pertanda serangan jantung, biasanya digambarkan sebagai nyeri yang berat dan sesak. Kebanyakan orang merasa seperti ada seekor gajah yang menimpa dadanya," ujarnya.

Lemonizen, kalau kamu memiliki gejala-gejala di atas ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter ya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.