Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Waspada Stunting, Ini Hal Penting yang Orang Tua Wajib Ketahui!

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
10 Jun 2021
Clock Icon
4 menit
anak stunting

Pertumbuhan dan perkembangan adalah aspek penting bagi kesehatan anak. Untuk mengetahui laju pertumbuhan mereka, biasanya anak akan diukur tinggi dan beratnya lalu disesuaikan dengan standar laju pertumbuhan anak seusia mereka.


Perawakan pendek atau stunting merupakan gangguan pertumbuhan yang sebagian besar disebabkan oleh masalah nutrisi yang berlangsung lama. Biasanya, masalah nutrisi yang berlangsung cepat (keadaan akut) hanya akan mempengaruhi berat badan anak, sedangkan masalah nutrisi yang telah berlangsung lama (keadaan kronis) akan berpengaruh pada tinggi badan. banner consideration shipping bg blue


Sebab itu, terkadang anak stunting selain mengalami hambatan pertumbuhan juga dapat mengalami gangguan atau hambatan perkembangan.

 

Apa itu stunting?

Pada dasarnya stunting dapat diartikan sebagai ukuran panjang badan anak yang lebih pendek dari usianya. Untuk mengetahui hal ini, orang tua dapat melakukan kunjungan ke posyandu atau ke dokter anak untuk pemantauan tumbuh kembang mereka.


Biasanya dokter akan mem-plotting berat badan dan tinggi badan anak ke dalam kurva tumbuh kembang anak. Kurva yang dipakai tidak melulu membandingkan berat badan dan usia. Untuk kasus stunting, dibutuhkan kurva panjang badan dibanding usia dan tinggi badan dibanding usia. 


Anak akan dinyatakan berperawakan pendek ketika kurvanya berada dibawah 2 standar deviasi dari median kurva yang telah distandardisasi oleh WHO.


Kenali Penyebab Stunting Pada Anak

Lingkungan merupakan faktor utama penyebab stunting pada anak. Malnutrisi atau kurang gizi tidak hanya dari saat anak lahir, melainkan sejak anak mulai tumbuh dan berkembang dalam rahim ibu (periode 1000 hari awal kehidupan). 


Oleh sebab itu, sejak awal kehamilan hingga anak berusia 2 tahun adalah fase kritis harus terpenuhinya gizi anak untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan mereka. 


Faktor gizi ibu, pola pemberian makan pada anak, jenis dan variasi makan anak, kebersihan lingkungan, dan seringnya anak sakit atau mengalami infeksi menjadi faktor penting yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya stunting.


Faktor penyebab stunting lainnya adalah genetik. Tinggi badan orang tua juga akan mempengaruhi tinggi badan anak. Jadi, tidak bisa langsung membandingkan tinggi badan anak dengan teman sebayanya untuk menentukan apakah anak termasuk kategori stunting atau tidak.banner consideration promotion bg blue 


Ini yang Orang Tua Bisa Lakukan untuk Cegah Stunting


Faktor lingkungan merupakan faktor yang dapat diintervensi bila anak terdeteksi cenderung berperawakan pendek. Lemonizen sebaiknya melakukan tindakan pencegahan agar anak tidak menjadi stunting. 


Berikut beberapa hal yang perlu orang tua lakukan untuk mencegah anak berperawakan pendek.


  1. Semenjak kehamilan, sebaiknya ibu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan atau bidan terdekat. Ibu juga harus memenuhi nutrisi selama hamil yang sehat dan seimbang dengan mengkonsumsi zat besi, asam folat, dan yodium.
  2. Saat anak lahir, lakukan kunjungan rutin ke dokter atau fasilitas kesehatan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi (setiap bulan hingga anak berusia 1 tahun) dan pemeriksaan 3 bulan sekali (saat anak berusia 1 hingga 3 tahun).
  3. Memberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan dan dapat melanjutkannya hingga 2 tahun atau lebih, serta memberikan MPASI dengan konsistensi sesuai usia, bergizi, dan variatif.
  4. Memenuhi vaksinasi dasar anak dengan vaksinasi dasar lengkap sehingga risiko terserang penyakit infeksi lebih rendah. Anak yang sehat serta jarang sakit akan berisiko lebih rendah terkena stunting.
  5. Menjaga kebersihan lingkungan sehingga dapat menunjang kesehatan anak dan mengurangi kemungkinan anak terserang penyakit infeksi berulang (yang dapat mencegahnya mengalami stunting di kemudian hari).

Stunting masih menjadi salah satu masalah yang dialami oleh anak di Indonesia, oleh karenanya dengan pengetahuan yang cukup dan persiapan yang maksimal sejak awal kehamilan diharapkan tidak ada lagi anak anak yang malnutrisi dan berperawakan pendek.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Artikel ini ditulis oleh dr. Rizqii Nurdiinii, Tim Dokter Mamanesia untuk menjawab pertanyaan #CurhatSehat di Instagram Lemonilo. Sebagai healthy lifestyle ecosystem, Lemonilo berharap dapat membantu masyarakat Indonesia mendapatkan akses informasi kesehatan dengan lebih mudah salah satunya melalui rubrik #CurhatSehat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.