Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

6 Manfaat Daun Mint yang Kamu Harus Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Yang Belum Kamu Ketahui 6 Manfaat Daun Mint Lainnya
Kamu pasti sering menemukan makanan ataupun minuman yang menggunakan daun mint sebagai bahan dasarnya. Daun mint memang memiliki aroma yang segar, manis dan dingin. Daun mint mengandung banyak nutrisi sehat, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E  dan kandungan mineral seperti fosfor, kalsium dan sebagainya. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, manfaat daun mint dari aromanya dapat membangkitkan energi juga memperbaiki mood. Apa saja manfaat lainnya? Yuk simak ulasan berikut.

1. Mengatasi Masalah Pencernaan


Manfaat daun mint yang pertama ini didapatkan dari aroma daunnya. Aroma khas daun mint akan membantu mengaktifkan kelenjar ludah di mulut, dan kelenjar yang mengeluarkan enzim pencernaan sehingga membuat sistem pencernaan terjaga dengan baik.

Selain itu, manfaat daun mint lainnya juga dapat meredakan gejala sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS). Dari hasil penelitian menunjukkan, bahwa mentol dalam daun mint dapat meredakan diare. Sedangkan minyak mentolnya dapat membantu meredakan mual karena mabuk perjalanan.

2. Mengatasi Sindrom Usus Besar Teriritasi



Penggunaan dari minyak mint efektif dan aman digunakan untuk mengobati para penderita sakit perut ataupun kondisi tidak nyaman lain yang diasosiasikan sebagai sindrom usus besar teriritasi. Dari penelitian yang dilakukan, 2,5 kapsul berlapis enterik menjadi takaran paling efektif dan mampu mencegah kapsul terlarut di dalam perut yang bisa menyebabkan mulas.

Hasil pengujian memperlihatkan, 75 persen pasien pengidap sindrom usus besar yang telah mengkonsumsi kapsul berisi minyak mint dua kali sehari selama empat minggu, mengaku ketidaknyamanan yang dirasakan berkurang 50 persen dari pasien yang hanya mengkonsumsi kapsul plasebo saja.

3. Menjaga Kesehatan Mulut



Daun mint bisa menjaga kesehatan mulut dengan menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya yang ada di dalam mulut. Secara tradisional, penggunaan daun mint bisa dengan digosok langsung pada gigi dan gusi untuk menyegarkan sekaligus menghilangkan bakteri. Namun, seiring perkembangan zaman, daun ini telah digunakan menjadi bahan utama dalam pembuatan pasta gigi, obat kumur, dan produk-produk kesehatan gigi lainnya.

4. Potensial Redakan Radang Lambung



Pengujian yang dilakukan pada uji hewan menghasilkan, mentol bisa membantu melindungi lapisan dalam perut dari efek negatif indomethacin atau obat pereda nyeri sendi dan etanol.  Hasil tersebut menunjukkan menthol dapat potensial mencegah radang lambung yang disebabkan oleh konsumsi alkohol dan penggunaan obat pereda nyeri secara rutin.

5. Mengatasi Luka pada Puting Ibu Menyusui



Kebanyakan para ibu sangat bahagia bila mampu menyusui anak-anaknya secara langsung. Namun, tak jarang ada moment yang menimbulkan trauma dan nyeri gara-gara luka pada puting ibu. Pada April 2007, hasil penelitian yang telah diterbitkan di International Breastfeeding Journal menunjukkan daun mint bisa membantu meredakan rasa sakit tersebut. Caranya dengan mengoleskan air rebusan daun mint ke puting yang sakit.

6. Atasi Perut Kembung



Salah satu manfaat ramuan daun mint yang sejak dahulu telah digunakan, yaitu sebagai obat untuk membantu gangguan pencernaan. Mint dipercaya dapat meningkatkan sekresi empedu dan mendorong aliran empedu yang membantu mempercepat dan memperlancar pencernaan. Selain itu, daun mint juga bisa meredakan sakit dan ketidaknyamanan yang dirasakan. Caranya mudah, cukup menyeduh teh daun mint untuk mengatasi perut kembung tersebut.

Itulah manfaat daun mint yang bisa kamu coba. Dengan berbagai manfaat ini, ditambah dengan rasa dan aromanya yang menyegarkan tidak heran jika daun mint sangat populer dan banyak digunakan dalam berbagai olahan makanan, minuman, maupun pada obat-obatan. 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.