Yuk Kenali Daun Oregano, Inilah 5 Manfaatnya

29 Jun 2020 @ 20:33:24
Banyak masakan yang berasal dari Italia menggunakan daun oregano sebagai tambahan bumbu. Aromanya yang khas, menambahkan cita rasa tersendiri dan cukup sulit untuk digantikan dengan bumbu lainnya. Namun tahukah kamu, tidak saja sedap untuk dicampur ke dalam berbagai olahan makanan terutama pasta, daun ini ternyata juga sangat kaya manfaat loh! 

Serat, Kalsium, Magnesium, Potasium, Vitamin E, Vitamin K, serta Mangan merupakan beberapa nutrisi yang terkandung di dalam oregano. Kamu bisa mengkonsumsi daun ini dalam keadaan kering, segar atau yang telah diolah menjadi minyak hingga yang berbentuk kapsul. Lantas, apa saja manfaat dari daun yang masih satu famili dengan daun mint ini? Berikut ini penjelasannya.

1. Mencegah Berbagai Macam Penyakit



Ada banyak penyakit yang bisa dicegah dengan mengonsumsi oregano, salah satunya adalah kanker. Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang juga menjelaskan bahwa daun ini memiliki agen antikanker yang bisa memperlambat atau mencegah perkembangan sel kanker payudara, juga kanker usus besar.

Bahan aktif  beta-caryophyllene juga kalsium pada oregano juga bisa mengurangi gangguan tulang seperti Osteoporosis. Penyakit lainnya yang bisa disembuhkan dengan cara tradisional adalah, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, pilek, bronkitis, nyeri otot dan sendi, hingga menghilangkan mual. 

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh



Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh “Jurnal Biokimia Makanan” dari Universitas Milan, mengkonsumsi oregano bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan asam rosmarinat dan timol didalamnya. Kandungan lain dari oregano adalah asam lemak Omega-3 yang baik kesehatan jantung, menyeimbangkan kadar kolesterol, juga untuk kesehatan ginjal.

3. Sebagai Antibakteri



Kandungan carvacrol alami berperan sebagai antibakteri dan antiinflamasi yang efektif untuk melawan bakteri patogen pada makanan yang bisa menyebabkan keracunan atau infeksi listeriosis. Sementara kandungan antioksidannya juga mampu mengatasi peradangan. 

Gunakan minyak esensial dari daun oregano untuk mengatasi berbagai infeksi jamur. Salah satunya adalah jamur candida yang bisa menyebabkan infeksi pada usus, penyebab sariawan hingga infeksi jamur pada vagina. 

4. Melancarkan Pencernaan



Oregano kaya akan serat, sehingga bila dikonsumsi dengan porsi yang cukup, bisa membantu pergerakan usus agar pencernaan menjadi lancar. Sementara bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, bisa memanfaatkan minyak oregano, di mana kandungan carvacrol mampu mencegah penimbunan lemak di dalam tubuh.

5. Sebagai Bahan Kecantikan



Banyak orang yang menggunakan daun oregano sebagai bahan alami untuk kecantikan dan perawatan kulit. Minyak dari daun ini dipercaya bisa mengatasi masalah kulit seperti, selulit, kulit kemerahan, jerawat, bentol hingga bengkak, bahkan kulit kepala yang berketombe, ini dikarenakan kandungan antibakteri yang bisa membantu proses penyembuhannya.

Untuk mengatasi masalah kulit, kamu cukup mencampur 1:5 minyak oregano dengan minyak zaitun, kemudian oleskan pada kulit yang bermasalah. Tidak hanya itu, oregano juga berkhasiat untuk mencerahkan wajah hingga kerap digunakan sebagai agen anti penuaan dini. Bahkan banyak perawatan spa yang juga mengkombinasikan minyak ini dengan yang lainnya. Minyak ini bisa digunakan sebagai aromaterapi untuk relaksasi dan menghilangkan stress.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengkonsumsi oregano oil adalah dengan meletakkannya di bawah lidah. Caranya, campur terlebih dahulu minyak oregano dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:3, diamkan beberapa menit baru kemudian minum air putih. Cara mudah lainnya adalah dengan berkumur, caranya campur satu tetes minyak oregano dengan air sebanyak 250 ml, kemudian kumur beberapa saat dan telan.

Itulah manfaat daun oregano untuk kesehatan. Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui, bahwa oregano juga tetap memiliki efek samping terutama bila dikonsumsi secara berlebih. Untuk penderita diabetes misalnya, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakannya karena bisa menurunkan kadar gula darah.


Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020