Yuk, Kenali Kebaikan Almond Untuk Kebaikan Ibu Hamil dan Janin

21 Sep 2018 @ 11:25:12
Selama proses kehamilan, ibu hamil perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi harian dengan memilih gizi yang terdapat pada asupan makanan sehat setiap hari. Asupan makanan sehat ini meliputi cemilan sehat kaya nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil sehingga gizi dan nutrisinya bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin. 

Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang merasa kebingungan untuk memilih cemilan sehat yang tepat. Diantara banyak cemilan sehat, kacang almond bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi keinginan ngemil sembari mencukupi gizi untuk ibu dan janin. Walaupun jarang terdengar, almond banyak punya manfaat untuk ibu hamil dan kesehatan janin.

1. Almond Membantu Mengatasi Mual dan Muntah Saat Trimester Pertama Kehamilan

Almond Membantu Mengatasi Mual dan Muntah Saat Trimester Pertama Kehamilan

Almond mengandung riboflavin yang dapat membantu mengatasi mual dan muntah yang sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Selain itu, riboflavin juga membantu mengurangi risiko preeclampsia. Sebanyak 100 gram almond memberikan asupan sekitar 23% dari kebutuhan riboflavin harian ibu hamil.

2. Almond Membantu Perkembangan Otak Janin

Almond Membantu Perkembangan Otak Janin

Janin membutuhkan asam folat untuk mendukung pertumbuhan otak dan kerja saraf, dan asam folat ini bisa didapatkan dari kacang almond. Selain itu, asam folat juga dibutuhkan untuk menurunkan risiko cacat lahir seperti spina bifida pada bayi. Almond juga kaya asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acids) yang penting bagi perkembangan otak dan mata bayi.

3. Almond Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Almond Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh ibu hamil harus dijaga agar ibu hamil tetap sehat selama kehamilan. Kandungan vitamin C dalam almond membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama kehamilan.

4. Almond Kaya Akan Vitamin E yang Bantu Pembentukan Sel Kulit dan Rambut

Almond Kaya Akan Vitamin E yang Bantu Pembentukan Sel Kulit dan Rambut

Almond kaya vitamin E yang diperlukan dalam pembentukan sel kulit dan rambut bayi. Selain itu, manfaat vitamin E dirasakan pula oleh ibu hamil karena vitamin E membantu menjaga kulit ibu hamil tetap sehat dan mengurangi terjadinya stretch marks. Vitamin E membantu menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan sel tubuh, dan meningkatkan jumlah darah dalam tubuh.

5. Almond Bantu Melancarkan Sistem Pencernaan Pada Ibu Hamil

Almond Bantu Melancarkan Sistem Pencernaan Pada Ibu Hamil

Kandungan serat tinggi dan mangan pada almond membantu menjaga metabolisme tubuh dan melancarkan pencernaan, sehingga membantu mencegah masalah susah buang air besar yang sering terjadi pada ibu hamil.

6. Almond Merupakan Sumber Protein Untuk Pertumbuhan Janin

Almond Merupakan Sumber Protein Untuk Pertumbuhan Janin

Sebanyak 100 gram almond mengandung sekitar 6 gram protein, atau sekitar 8,5% jumlah protein yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil setiap hari. Protein dibutuhkan untuk membentuk sel-sel tubuh janin, menguatkan jaringan otot janin, serta menjaga stamina ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak mudah lelah.
 
Tak hanya mengonsumsi almond utuh, ibu hamil juga bisa mengonsumsi varian susu kacang almond (almond milk) yang nikmat dan bernutrisi. Tak perlu khawatir karena manfaat kesehatan dari almond umumnya juga dimiliki oleh susu almond. 

Hebatnya, karena selalu digunakan sebagai pengganti susu sapi, susu almond memiliki kandungan gula yang rendah dibandingkan dengan susu sapi sehingga ibu hamil bisa terhindar dari risiko terjadinya diabetes gestasional yang disebabkan oleh asupan gula berlebih dan meningkatnya kadar gula darah selama kehamilan. Selain  itu, ibu hamil yang memiliki intoleransi terhadap laktosa susu sapi atau ibu hamil yang menjalani pola makan vegan bisa mengonsumsi susu almond untuk menjadi pilihan pengganti susu sapi yang sangat baik.

susu almond (almond milk) sehat dan bernutrisi 

Biar begitu, ibu hamil juga perlu memperhatikan kekurangan dari susu almond, yaitu kandungan yodium yang lebih rendah dari susu sapi. Jadi, kalau ibu hamil ingin mengonsumsi susu almond untuk menggantikan susu sapi selama kehamilan, pastikan ibu tetap mendapatkan asupan yodium yang cukup dari sumber lain, karena yodium dibutuhkan untuk menjaga fungsi tiroid dan sangat penting dalam produksi hormon yang mendukung kehamilan.
 
Saat ini, ibu bisa mencari tempat yang jual susu almond dengan sangat mudah. Walaupun harganya lebih mahal, susu almond tentu punya manfaat yang sebanding dengan harga yang harus dibayar. Berminat mencoba susu almond yang sehat?


Artikel Terkait

Banyak Rempah Eksotis Asli Bumi Indonesia Bermanfaat Lho, Tahu Nggak Kamu?
Sejak jaman penjajahan, Indonesia sudah dikenal sebagai negeri penghasil rempah. Tak hanya sebagai bumbu masak, rempah-r..
OT Handoko
07 Desember 2018
Inilah Zodiak yang Paling Gampang Sakit, Adakah Zodiakmu?
Banyak orang yang melihat ramalan zodiak pasti mencari tentang ramalan tentang cinta dan pekerjaan. Ada juga yang mencar..
OT Handoko
30 November 2018
Cari Keperluan Bayi dan Si Kecil, Cari Di Harbolnas Saja, Moms!
Keperluan bayi dan si kecil memang terkadang bikin pusing ya, Moms! Bukan cuma banyak macamnya, harga dari keperluan bay..
OT Handoko
28 November 2018