Yuk, Kenali Lebih Lanjut Tentang Diet Militer yang Ampuh Turunkan Berat Badan!

15 Aug 2018 @ 18:27:43
Banyak diet sehat yang dibuat dan dipopulerkan oleh banyak orang demi mendapatkan tubuh yang sehat dan tentunya berat badan yang sesuai. Beberapa contoh seperti DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), Diet Keto, Diet Paleo, dan Diet Militer bisa menjadi pilihan yang bisa kamu coba. Diet DASH, Diet Keto, dan Diet Paleo mungkin sudah banyak kamu ketahui, namun bagaimana dengan diet militer?

Apa Itu Diet Militer?

Apa Itu Diet Militer?

Diet Militer merupakan jenis diet sehat baru yang terinspirasi dari bagaimana tentara menjaga pola makan dan pola hidupnya agar berat badan dan kesehatannya tetap terjaga. Itulah alasannya kenapa banyak tentara punya tubuh yang atletis dan sehat sehingga tidak gampang sakit dan lelah walaupun dalam keadaan ekstrim sekalipun. 

Diet Militer memfokuskan pada proses pembatasan kalori yang masuk ke dalam tubuh sehingga tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Diet ini terbagi menjadi dua fase, yaitu fase 3 hari dan fase 4 hari, dimana selama 3 hari pertama, kamu akan makan makanan dengan jumlah kalori terbatas yang dilanjutkan dengan 4 hari makan sehat. Terlihat mudah, bukan? 

Selain itu, diet ini bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan, menurunkan berat badan, dan bantu tingkatkan kinerja metabolisme tubuh. Namun, para  ahli tidak menyarankan untuk mengadaptasi jenis diet ini selama sebulan penuh karena akan menimbulkan defisit kalori yang berujung pada kekuatan tubuh yang berkurang. 

Bagaimana Cara Melakukan Diet Militer?

Bagaimana Cara Melakukan Diet Militer?

Seperti yang disebutkan di atas, diet militer atau military diet dilakukan dengan 2 fase penting, yaitu fase 3 hari dan fase 4 hari. Namun, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana mengaplikasikan kedua fase itu dalam diet sehat kamu. Untuk itu, cobalah ikuti beberapa anjuran ini:

  • Selama 3 hari, kamu akan dituntut untuk membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh antara 800 - 1.100 kalori per hari, termasuk diet sehat kamu dan konsumsi daging dalam sehari.  
  • Selanjutnya, 4 hari berikutnya, kamu bisa mengonsumsi hingga 1.500 kalori per hari yang terdiri dari beragam makanan dan cemilan sehat. Sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daging olahan, junk food, dan fast food. Konsumsi banyak sayuran dan kacang-kacangan. Untuk minuman, kamu bisa konsumsi teh hijau, teh herbal, dan tentunya air putih. Lakukan fase ini hingga kamu mendapatkan berat yang kamu inginkan. 

Anjuran Diet Plan Pada Diet Militer (Military Diet)

Ketika sudah mengetahui dasar dan latar belakang dari diet ini, tentunya kamu perlu tahu anjuran diet plan apa saja yang bisa kamu konsumsi selama menjalani jenis diet ini. Tak hanya mengandalkan makanan yang sehat, diet plan ini juga mengandalkan makanan yang kaya gizi dan energi sehingga kamu tetap bisa melakukan aktivitas sembari melakukan diet. 
Anjuran Diet Plan Pada Diet Militer (Military Diet)

Plan Day 1: 

Sarapan: Sepotong roti dengan selai kacang, 1/2 buah anggur, dan secangkir kopi atau teh
Makan siang: Sepotong roti panggang/bakar, 1/2 cup tuna, kopi atau teh hitam
Makan malam: 3 ons daging, 1/2 buah pisang, 1 buah apel, 1 cup kacang hijau, 1 cup es krim vanilla

Plan Day 2: 

Sarapan: 1 lembar roti panggang, 1 buah pisang, dan 1 butir telur matang.
Makan siang: 1 butir telur, 5 keping cracker, 1 cup cottage cheese
Makan malam: 2 hot dog (tanpa bun atau roti), 1/2 buah pisang, 1 cup brokoli, 1 cup es krim vanila

Plan Day 3: 

Sarapan: 1 lembar cheddar cheese, 1 buah apel, dan 5 keping crackers.
Makan siang: 1 keping roti panggang, 1 butir telur matang
Makan Malam: 1 cup ikan tuna, 1/2 buah pisang, 1 cup es krim vanilla

Plan Day 4-7: 

Konsumsi kurang lebih 1.500 kalori setiap hari. Hindari konsumsi makanan tidak sehat dengan lemak yang tidak sehat dan makanan olahan. 

Hal yang Perlu Dipikirkan Dalam Melakukan Diet Militer: 

Sebelum kamu melakukan diet ini, sebenarnya ada beberapa catatan yang perlu kamu perhatikan agar malah tidak membuat kesehatanmu terganggu akibat diet ini, antara lain: 
  • Diet militer ini wajib dilakukan berkala karena dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat, namun jika berhenti, berat badan kamu juga gampang naik. 
  • Tidak disarankan untuk dilakukan selama lebih dari 3 minggu berturut-turut karena dapat membahayakan kesehatan.
  • Ketika melakukan diet ini, kamu juga akan mengonsumsi makanan olahan, dimana jenis makanan ini tidak baik untuk kesehatan.
  • Ketika kamu melakukan diet ini, tubuh kamu bisa saja merespon bahwa kamu sedang kelaparan, sehingga pembakaran kalori dan lemak berjalan lambat.
  • Jika kamu punya penyakit atau kebutuhan khusus dan ingin melakukan diet ini, cobalah konsultasikan kepada dokter. 
Banyak orang sudah mencoba jenis diet ini dan rata-rata mengatakan bahwa mereka turun 4 kg (10 pounds) dalam 1 minggu. Berani coba, Lemonizen?

Artikel Terkait

Tips Mengolah Ayam Goreng yang Tidak Merusak Diet
Dengan cara pengolahan dan bumbu ayam goreng yang tepat, Anda pun bisa menikmati ayam goreng yang sehat dan tidak merusa..
Shella Rafiqah Ully
15 Mei 2019
Kenapa Virgin Coconut Oil Ampuh untuk Diet?
VCO memang menjadi bagian penting dari beberapa diet yang populer untuk menurunkan berat badan, misalnya diet keto. Sima..
Shella Rafiqah Ully
15 Mei 2019
Diet Tanpa Bahayakan Kesehatan, Ini Kuncinya!
Makanan sehat untuk diet merupakan salah satu elemen penting dalam diet sehat untuk menurunkan berat badan. Apa yang per..
Shella Rafiqah Ully
13 Mei 2019